Bintan Memiliki Mobil Anti Galau Bisa Konsultasi Kesejahteraan Keluarga Dan Narkoba - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Bintan Memiliki Mobil Anti Galau Bisa Konsultasi Kesejahteraan Keluarga Dan Narkoba


BATAM, Infokepri.com – Kabupaten Bintan kini memiliki Mobil Anti Galau yang fungsinya untuk memberikan Konsultasi Kesejahteraan Keluarga ini dioperasikan oleh Dinas Sosial Kabupaten Bintan. Biasanya, Mobil Anti Galau akan turun ke Kelurahan/Desa maksimal 10 kali dalam 1 bulan.
 
” Terkadang kita juga turun ke Sekolah-Sekolah yang ada di Kabupaten Bintan. Tidak saja masalah Konsultasi Keluarga, namun kita juga memberikan konsultasi kepada para pelajar terkait bahaya narkoba, hal ini guna menghindari adanya penyalahgunaan narkoba oleh kaum pelajar maupun tindakan lain yang diakibatkan kegalauan sesaat ” ujar Jamil , Petugas Pendamping Psikososial di Mobil Anti Galau.
 
Dikatakannya juga bahwa selama kurun waktu Tahun 2017 , sampai saat ini dirinya bersama Tiga Petugas Psikososial lainnya sudah menangani setidaknya 14 Kasus Sosial yang ada di Kabupaten Bintan. Menurutnya, dengan Mobil Anti Galau dan perlengkapan yang tersedia akan mampu memberikan kontribusi dalam memberikan Konsultasi Keluarga langsung di Lapangan.
 
” Berbagai kegiatan sosial kita lakukan , kita berikan pendampingan Konsultasi Keluarga langsung di Lapangan, kita juga berikan brosur-brosur terkait pengurusan Akta Lahir, bahkan kita juga pernah menangani Kasus Kekerasan Anak dan kita lakukan rujukan ke TP2A ” ujarnya.
 
Sementara itu, Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Bintan Ibu Hj Deby Apri Sujadi mengapresiasi tugas dan fungsi dari Pekerja Pendamping Psikososial saat dirinya menyadari keberadaan Mobil Anti Galau yang sedang bertugas di Desa Berakit , Kamis sore (14/12/2017). 

Dikatakannya juga bahwa Mobil Anti Galau ini bisa menjadi salah satu solusi terkait kenakalan remaja baik tentang konsumsi narkoba atau masalah lainnya yang sering tidak tersampaikan kepada orang tua. Karena menurutnya, terkadang mayoritas remaja enggan bercerita atau curhat tentang masalahnya ke keluarga dan lebih memilih membuka diri kepada teman sebaya yang mungkin bisa menjerumuskan remaja tersebut ke dalam kondisi yang lebih buruk lagi.
 
” Terkadang remaja bermasalah akan memerlukan bantuan konselor atau psikolog, yang mampu memberikan bimbingan dan motivasi ke arah yang positif ” ujarnya mengapresiasi.
 
Diketahui bahwa Mobil Anti Galau atau dikenal dengan Mobil LK3 atau Lembaga Konsultasi Kesehatan Keluarga berbentuk minibus yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki ‘rumah’ di belakangnya. Pada mobil tersebut juga ditambahkan berbagai macam aksesoris seperti tulisan “ Restorasi Sosial ” dengan corak warna-warni sehingga terkesan akrab dengan kaum muda.
 
(HMS/Pay)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel