» » » » Bupati Bintan : Jaga Stabilitas Pasar, Tingkat Konsumsi Cenderung Naik Jelang Akhir Tahun.t


BINTAN. Infokepri.com - Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos mengharapkan agar Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Dinas Perindagkop Kabupaten Bintan terus melakukan evaluasi dan stabilitas harga di pasar. Hal itu disampaikannya lantaran saat menjelang Natal dan Tahun Baru Tahun 2017,  permintaan pasar kenaikannya akan sangat signifikan.

Oleh sebab itu, katanya, stabilitas harga pasar harus dijaga, khususnya kebutuhan pangan yang dibutuhkan  oleh masyarakat jangan sampai berkurang karena biasanya, tingkat konsumsi masyarakat menjelang akhir tahun biasanya cenderung naik seperti Gula, Beras, Ikan, Cabai, Bawang dan Minyak Goreng.

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan hingga saat ini terus memantau kenaikan sayur mayur dan kenaikannya per November 2017 berkisar Rp 10.000, seperti untuk harga Ikan Teri atau Ikan Bilis kini harganya Rp 100 ribu,- per kilogram (kg) nya , padahal bulan Oktober 2017 yang lalu harganya masih Rp 90.ribu,- perkilogram, sementara Bawang Putih mengalami penurunan Rp 10.ribu,- menjadi Rp 20.ribu perkilogramnya sebulan yang lalu harga Rp 30.ribu,- perkilogram.

Beberapa komoditas lainnya juga mengalami kenaikan berkisar Rp 1.000,- hingga Rp 2.000,-. Seperti Cabe Rawit , Cabe Merah , Sayuran Sawi dan Beras

Namun beberapa komoditas juga terlihat mengalami penurunan berkisar Rp 1.000,- hingga Rp 2.000,- yaitu Bawang Merah, Bawang India serta Bawang Putih.

" Ikan Teri harganya naik paling tinggi di pasaran, mungkin karena cuaca akhir tahun sedang tidak menentu, nelayan banyak yang tidak melaut. Sedangkan, Komoditas yang turun dipasaran, paling besar yaitu Bawang Putih. Untuk komoditas lainnya masih stabil " ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan Khairul saat dihubungi , Senin pagi (11/12/2017).

Ditambahkannya juga , untuk ketersediaan Stok Pangan di Kabupaten Bintan menjelang Akhir Tahun 2017 masih dirasa cukup aman. Beberapa komoditas dipantau per November 2017 seperti Stok Beras tercatat sebanyak 4.985.610 Kg dengan tingkat kebutuhan konsumsi perbulan mencapai 1.455.561/Kg/Bulan sedangkan Stok Gula Pasir 931.474 Kg dengan tingkat kebutuhan konsumsi perbulan mencapai 189.387/Kg/Bulan, lalu Stok Daging Sapi 27.916 Kg dengan tingkat kebutuhan konsumsi mencapai 18.614/Kg/Bulan.

 " Beberapa stok komoditas cukup aman hingga jelang akhir tahun , Komoditas Beras , Gula , Daging Sapi, Minyak Goreng, Cabe Merah cukup hingga awal Tahun 2018 dan akan kita pantau terus ketersediaan nya . 

Selain itu, Satgas Pangan Kabupaten Bintan akan menindaklanjuti dari himbauan Satgas Pangan Nasional, bahwa kita mengharapkan agar mulai dari level Penjual, Distributor hingga Pelaku Usaha hendaknya menjaga ketersediaan pangan dan juga stabilitas harga dengan tidak menaikkan harga barang, sembarangan tanpa adanya perhitungan dan aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah " ujarnya.

(R/pay

About Redaksi News

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda