Redaksi dan Pemasaran Telp (0812)70197866,| Email: paruliankepri@yahoo.com
» » » » Elvi Sumarmi Olah Ubi Kayu Menjadi Keripik Ubi Gurih Bernama Crisvia Beromzet Rp 10 Juta Per Bulan.



BINTAN, Infokepri.com  -  Seorang ibu rumah tangga, Elvi Sumarmi warga jalan Musi, Kampung Purwodadi RT 002, RW III , Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Bintan Timur, Bintan mampu mengolah singkong atau ubi kayu menjadi keripik yang gurih sehingga menjadi makanan yang laris manis dan digemari orang.

Elvi Sumarmi terinspirasi mengolah ubi kayu menjadi keripik setelah melihat di desanya banyak petani yang menanam ubi kayu namun sangat disayangkan ubi kayu itu hanya diolah masyarakat di desanya hanya untuk dikomsumsi saja.

Ditangan Elvi Sumarmi ubi kayu itu diolah menjadi ubi keripik yang dinamainya Crisvia dan bernilai ekonomis tinggi, tidak tanggung tanggung dari ubi kayu itu setelah terlebih dahulu diolahnya menjadi Crisvia dan makanan olahan ubi kayu lainnya dia bisa berpenghasilan dengan omzet sebesar Rp 10 juta,- per bulan 

Saat ditemui Ketua Dekranasda Kabupaten Bintan, Hj Deby Apri Sujadi, Senin pagi (22/1/2018)  Elvi Sumarni menuturkan jika bisnisnya sudah dimulai sejak tiga yang tahun lalu. Ketika itu, dia merasa prihatin terhadap petani ubi yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Meski bertahun-tahun menanam ubi, petani tidak pernah menikmati hasilnya lantaran harga jual ubi yang sangat murah.

" Saya berpikir bagaimana ubi yang sudah ditanam, bisa terjual dengan harga yang wajar " ujarnya.

Dirinya mengaku, bahwa ketika pertama kali membuat olahan ubi, dia tidak langsung menjualnya. Dia tawarkan produk buatannya itu kepada tetangga, dan belakangan ke Ketua RT, RW, Lurah, dan Camat. Dari situlah, produknya dikenal dan disukai banyak orang. Bahkan saat ini, dirinya sudah memiliki langganan tetap yang berasal dari Kota Batam, Singapura dan juga Malaysia.

" Merintis dari awal yang dulunya bersama suami, sekarang alhamdulilah sudah dibantu 4 pekerja. Kami juga membentuk Kube dengan nama Mekar Sari " ujarnya semangat.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Bintan, Hj Deby Apri Sujadi mengatakan bahwa derasnya arus globalisasi pergantian zaman , saat ini para wanita harus berperan aktif dalam membantu pendapatan ekonomi keluarga. Oleh karena itu, program KUBE sangat bermanfaat bagi para wanita yang ingin mulai mengembangkan usahanya dari rumah untuk tambahan ekonomi keluarga. Menurutnya, beragam jenis kegiatan KUBE yang dapat didirikan oleh kaum wanita dari rumah, mulai dari kegiatan perdagangan (makanan ringan maupun olahan), ataupun program kerajinan tangan (seperti sulam, border, maupn aksesoris).

" Melalui Dekranasda Kabupaten Bintan kita selalu memberikan bimbingan dan arahan, bahwa banyak peluang usaha yang bisa dilakukan dari rumah untuk kaum ibu-ibu. Bahkan olahan ubi tidak saja bisa dibuat olahan keripik , namun bisa juga dibuat menjadi tepung. Dekranasda Kabupaten Bintan juga siap membantu dalam pengembangan usaha, baik itu dalam bentuk program, seminar, pelatihan atau sejenisnya " tutupnya.

Mekar Sari Snack memiliki beberapa varian panganan olahan ubi yang bisa dipesan melalui aplikasi WhatsApp dengan contact person Elvi Sumarni, nomer Hp 085264190236. Beberapa olahan panganan ubi yang dikemas menarik antara lain Keripik Ubi Gurih (Crisvia) , Opak Mentah, Kue Cakar Ayam, Keripik Pisang, Rengginang, Menggleng Pedas Manis, dan juga Keripik Singkong Pedas.
 
(R/Pay)

About Redaksi News

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda