Sebanyak 73 UMKM Batam Ikuti Sosialisasi Pengembangan Objek Wisata Baru Yang Digelar BP Batam - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Sebanyak 73 UMKM Batam Ikuti Sosialisasi Pengembangan Objek Wisata Baru Yang Digelar BP Batam


BATAM, Infokepri.com – Sebanyak 73 UMKM Batam mengikuti sosialisasi pengembangan objek wisata fisherism Tanjung Riau yang digelar oleh BP Batam di gedung Marketing BP Batam, Batam Centre Selasa (16/1/2018).

Kasubdit Pemanfaatan Sarana BP Batam, Irfan Widyasa mengatakan tujuan kegiatan ini digelar untuk mengembangkan objek wisata baru yang ada di Batam.

Dalam pemaparannya, Irfan Widyasa menjelaskan bagaimana rencana pengembangan wisata edukasi perikanan Fisherism Tanjung Riau. Para pelaku UMKM Batam sangat antusias mendengarkan pemaparan dari Irfan Widyasa. 

Usai Kasubdit Pemanfaatan Sarana BP Batam, Irfan Widyasa menjelaskan seluruh materinya para pelaku UMKM  memperkenalkan produk mereka masing-masing seperti :  aneka produk kuliner, kerajinan tangan, dan tas.

Selain itu ada juga para pelaku UMKM mengenalkan proses pembuatan produknya sebagai bagian dari atraksi wisata diantaranya : aktifitas pembuatan tempe, cookies hias, pembuatan aneka cake, selai dari buah naga, es krim, mpek-mpek, mainan anak-anak edukatif, dan kerajinan tas. 

“Peserta yang hadir juga membawa beberapa sampel dari produk mereka masing-masing,” jelas Irfan

Dengan digelarnya kegiatan ini Kantor Marketing BP Batam dilanda “ banjir “ tetapi bukan banjir air tetapi banjir souvenir dan makanan ringan yang dibawa para wirausaha UMKM Batam.

Pertemuan tersebut selain sebagai perkenalan antara komunitas UMKM dan BP Batam, juga disepakati agar ke depan para pelaku UMKM memasarkan produknya di Agri Souvenir Fisherism, event bazar bulanan UMKM serta mengisi perlombaan seni dan budaya dan bantuan pemasaran dari BP Batam berupa pembuatan brosur UMKM dan marketplace di website BP Batam.


“UMKM juga berharap agar diajak ikut berpartisipasi jika BP Batam mengelar event-event,” kata Irfan Widyasa. 

Sementara itu, Deputi 4 BP Batam, Mayjen TNI Eko Budi Soepriyanto yang hadir dalam kegiatan ini mengatakan bahwa BP Batam sangat mendukung partisipasi dari UMKM dalam berbagai program. Tujuannya untuk mengoptimalkan asset-asset BP Batam sekaligus memberi peluang pemberdayaan UMKM.

“Salah satu ukuran kemajuan wisata suatu daerah yaitu jumlah kunjungan wisatawan dan lamanya wisatawan tersebut tinggal di Batam,” jelasnya 

Untuk kunjungan wisatawan asing, Batam adalah rangking 3 nasional setelah Bali dan Jakarta dengan wisatawan mancanegara sekitar 1,32 juta orang per tahun. 
Namun untuk lama tinggal, katanya,  rata-rata length of stay nya masih di kisaran 1,6 hari. Karena minimnya jumlah obyek wisata di Batam.

“BP Batam berencana meningkatkan wisatawan lama tinggal di Batam dengan cara menambah objek wisata baru, seperti Agro Marina dan Fisherism Tanjung Riau,” pungkas Eko.

(Humas BP Batam)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel