Agar Tetap Eksis, Bright PLN Batam Selalu Rutin Melakukan Perawatan Gardu Yantek dan Trafo - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Agar Tetap Eksis, Bright PLN Batam Selalu Rutin Melakukan Perawatan Gardu Yantek dan Trafo

  
Maneger  Of Public Relation Brght PLN Batam, Bukti Panggabean ( Fhoto : Infokepri.com)

BATAM, Infokepri.com – Bright PLN Batam selalu berusaha untuki tidak mengecewakan pelanngannya dengan memberikan pelayanan yang  selalu prima dan berupaya menghindari terjadinya pyar pett. Untuk mencegah kekecewaan pelanggannya Bright PLN Batam melakukan perawatan Gardu Yantek dan Trafo dua kali dalam satu tahun. Perawatan itu ada yang sifatnya preventive maintenance  yaitu mencegah terjadinya kerusakan dan corrective maintenance yaitu memperbaiki kerusakan.

“ Saat ini Bright PLN Batam memiliki 1300 gardu dan  setiap gardu memiliki satu buah trafo dan setiap gardu kita lakukan pemeliharaan dua kali dalam satu tahun,” kata Maneger  Of Public Relation Brght PLN Batam, Bukti Panggabean saat ditemui di kantor Brght PLN Batam, Batam Centre, Batam Senin 19 Maret 2018.

Menurut Bukti, yang didampingi oleh Communication & External Relation Humas Bright PLN, Yoga Perdana Sulistama satu gardu memiliki daya ribuan ampre dan untuk seluruh kota Batam memiliki 413 penjulang atau jalur.

Ia menyebutkan Bright PLN Batam telah mengganti sebagian saluran tegangan tinggi menjadi Saluran  Kabel Tegangan Menengah (SKTM), hal ini dilakukan untuk meminalisir terjadinya gangguan.

Kendati demikian, Bukti tidak memungkiri gangguan listrik bisa saja terjadi diantaranya : gangguan dari alam seperti  jaringan kabel ditimpa pohon yang tumbang bisa disebabkan kencangnya angin dan disambar petir atau gangguan yang  disebabkan adanya pekerjaan kontruksi yang kerap menggunakan alat berat eksavator saat melakukan galian sehingga jaringan kabel milik  Bright PLN Batam terganggu.


“Kami mengharapkan agar setiap pengembang atau developer supaya selalu berkoordinasi dengan Bright PLN Batam saat akan  melakukan pekerjaan galian atau pekerjaan kontruksi supaya selalu didampingi pegawai Bright PLN Batam,” himbaunya.

Terkait jumlah gardu, menurut Bukti, beberapa daerah kecamatan perlu dilakukan penambahan gardu lantaran telah over kapasitas pelanggan seperti di daerah Batu  Aji, Sekupang, Bengkong

“Untuk daerah yang over kapasitas Bright PLN Batam akan menambah  gardu yang lengkap,” tegasnya.
Sementara di daerah Nongsa untuk  kebutuhan arus yang telah over kapasitas pelanggan, lanjut Bukti, Bright PLN Batam sedang membangun transmisi .

“Jadi saat ini sudah 99  persen arus listrik Bright PLN Batam  terakomodir untuk seluruh pelosok Kota Batam ,” ujarnya.

Bright PLN Batam saat ini menggunakan pembangkit listrik dengan tenaga uap namun masih memiliki  pembangkit listrik tenaga diesel menggunakan minyak solar.

“Jadi jika ada gangguan  maka Bright PLN Batam  akan mengalihkannya ke mesin pembangkit listrik tenaga diesel setelah gangguan itu dapat ditangan atau diperbaiki  mesinya diganti dengan pembangkit tenaga  uap,” jelasnya

Selain itu, katanya, jalur jaringan  disuatu daerah tidak saja satu titik namum dapat disalurkan dari jalur jaringan titik lain.

Mengenai tenaga kerja, ia menyebutkan agar pelayanan Bright PLN Batam bisa tetap eksis untuk merawat seluruh gardu yang ada dari 450 orang pegawai Bright PLN Batam ¾ diantaranya adalah tenaga ahli selebihnya adalah pegawai administrasi, keuangan dan SDM.

Ilustrasi (Fhoto : Istimewa)
Sekedar diketahui, dilansir dari facebook, Bright PLN Batam, saat ini Selasa 20 Maret 2018 akan dilaksanakan pekerjaan pemeliharaan aset milik Bright PLN Batam. Pekerjaan yang dilaksanakan sifatnya preventive maintenance yaitu mencegah terjadinya kerusakan  dan corrective maintenance yakni memperbaiki kerusakan dan pemeliharaan tersebut rutin dilakukan di semua gardu, jaringan serta transmisi untuk menjaga serta meningkatkan keandalan kelistrikan di Batam.

Pemeliharaan akan mengakibatkan padam di sisi pelanggan sesuai dengan durasi pekerjaan tersebut. Pemadaman residensial dilakukan demi keamanan pekerjaan dan petugas Bright PLN Batam.

Sehubungan dengan adanya Pemeliharaan Distribusi Gardu Yantek, dengan ini diinformasikan jadwal Pemeliharaan aliran listrik sementara secara terbatas, pada:
Hari, Tanggal : Selasa, 20 Maret 2018
Pukul : 09.00 – 12.00 WIB
Lokasi Padam : Perumnas Tanjung Piayu, Perumahan Bukit Ayu, Perum Griya Piayu Asri, Perumahan Permata Asri, Ruko Batavia, Batu Aji Residance, Perum Taman Teratai dan sekitarnya.

Hari, Tanggal : Selasa, 20 Maret 2018
Pukul : 14.00 – 17.00 WIB
Lokasi Padam : Griya Batuaji Asri 1, Griya Batuaji Asri 2, Artha / Griya Batuaji Asri 3, Mutiara Hijau, Perumahan Jeni Putra / Puri Agung 1, Perum Puri Agung 2, Perumahan Puri Agung 3 dan sekitarnya.

(Man)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel