Pejabat Walikota Tanjungpinang Himbau Masyarakat Peduli TBC Lakukan Aksi TOSS TBC - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Pejabat Walikota Tanjungpinang Himbau Masyarakat Peduli TBC Lakukan Aksi TOSS TBC


TANJUNGPINANG, Infokepri.com – Pejabat (Pj) Walikota Tanjungpinang, Drs Raja Ariza MM mengharapkan agar masyarakat selalu peduli dengan penyakit TBC dan setiap pasien TBC melakukan pengobatan secara tuntas. 

Hal ini  disampaikannya saat acara peringatan hari TBC sedunia yang digelar di gedung Gong-gong, Sabtu 24 Maret 2018. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkesdalduk KB) Kota Tanjungpinang.

Peringatan Hari TBC sedunia ini,  menggelar kegiatan peringatan Hari TBC sedunia yang dilakukan diawali dengan Senam Sehat bersama yang juga diikuti oleh Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Hj. Handayani Ariza, Kepala Dinkesdalduk dan KB Kota Tanjungpinang, Forum RT/RW se-Kota Tanjungpinang dan warga masyarakat Kota Tanjungpinang. 

Setelah senam sehat bersama kegiatan dilanjutkan dengan lomba cerdas cermat tentang pengetahuan kesehatan dan TBC yang diikuti oleh ketua RT dan RW se-Kota Tanjungpinang.

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj.) Walikota Tanjungpinang, Drs. Raja Ariza, MM mengatakan di Tanjungpinang terdapat 545 kasus  penderita TBC dan pasien  yang meninggal dunia sebanyak 6 kasus dan angka keberhasilan pengobatan secara tuntas sebesar 92,31%

 "Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah bagi Pemko Tanjungpinang untuk dapat menjaring penderita TBC agar dapat dilakukan penanganan secara intensif," jelasnya.

Peringatan hari TBC sedunia pada tahun ini mengambil thema "Peduli TBC, Indonesia sehat" dengan aksi Temukan Tuberkolosis Obati Sampai Sembuh (TOSS TBC). Kota Tanjungpinang dipilih sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini. Tanjungpinang merupakan salah satu kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau yang berhasil menangani penyakit TBC yang diderita pasien. 

"Saya berharap melalui thema dan aksi ini seluruh masyarakat, lintas program dan lintas sektor dapat mendukung dan menempatkan TBC ini sebagai isu utamanya." lanjut Ariza.

Dalam kesempatan ini, seluruh RT dan RW juga menjadi ujung tombak untuk membantu pemerintah memberikan dan menyebarluaskan informasi tentang TBC kepada masyarakatnya, supaya penularan TBC dapat dicegah sejak dini dengan menggunakan masker bila ada masyarakat yang menderita batuk disarankan untuk memeriksakan diri ke Puskesmas atau ke klinik terdekat.

Peringatan Hari TBC Sedunia ini juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada yang terbaik dan komitmen melakukan penanganan dan penuntasan penyakit TBC untuk tingkat Provinsi Kepri. Instansi yang mendapat penghargaan tersebut  yakni : Dinkesdalduk dan KB Kota Tanjungpinang, RSUD Tanjungpinang, Puskesmas Batu 10, dan Jumiati sebagai kader terbaik dari Kelurahan Pinang Kencana. 

Setelah dilakukan penyerahan penghargaan tersebut acara dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama pencegahan dan pengendalian TBC di Kota Tanjungpinang yang dilakukan oleh Penjabat (Pj.) Walikota Tanjungpinang, Drs. Raja Ariza, MM, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Kepala Dinkesdalduk dan KB serta tamu undangan lainnya.

 (RN /Pay)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel