Redaksi dan Pemasaran Telp (0812)70197866,| Email: paruliankepri@yahoo.com
» » » » Bupati Ajak Kaum Perempuan Bijak Dalam Menyikapi Berita HOAKS Di Media Soaial


ASAHAN, Infokepri.com
- Peranan informasi dan komunikasi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam berbagai aspek kehidupan. Seiring dengan perkembangnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah di implementasikan dalam berbagai bentuk dan tujuan yang beragam .

Trend pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai upaya pemberdayaan juga telah menjangkau berbagai bidang dan lapisan masyarakat termasuk kaum wanita. Untuk itu seringkali akses pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi masih sangat terbatas bagi kaum wanita. Itu dikatakan Bupati Asahan H. Taufan Gama Simatupang melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Asahan Rahmat Hidayat Siregar saat acara pembukaan kegiatan sosialisasi literasi teknologi informasi dan komunikasi bagi kaum wanita di Aula Hotel Antariksa Kisaran Kamis 3 Mei 2018 .

Tingkat pendidikan dan literasi terkait teknologi informasi dan komunikasi juga merupakan hambatan dalam pemanfaatan. Untuk itu pemerintah kabupaten asahan melalui dinas komunikasi dan informatika melaksanakan sosialisasi kepada ibu - ibu sekalian, "sebut Rahmat .

Lebih lanjut Ia mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk menambah wawasan, pengetahuan dan keterampil serta menumbuhkan sikap positif terhadap kaum wanita sehingga terhadap kemajuan teknologi informasi dan komunikasi agar tidak gagap dalam menggunakan teknologi .

"Sosialisasi ini untuk menambah wawasan bagi kaum ibu - ibu agar lebih memahami dan memilah informasi atau berita - berita yang tidak jelas dan HOAKS yang saat ini sudah merajalela di media sosial, "katanya .

Masih kata Kadis, pemerintah kabupaten asahan juga telah melaksanakan penyebaran informasi lewat Website pemerintah yang bisa di akses di mana saja dan didalamnya memuat informasi kegiatan pembangunan yang ada di kecamatan maupun di desa/kelurahan sekabupaten asahan sebagai sarana dalam memperoleh informasi tentang kabupaten asahan .

"Saya berharap kaum ibu dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi lewat website pemerintah kabupaten asahan sebagai upaya dalam mendidik anak yang turut mempengaruhi tumbuh kembangnya anak di eran jaman digital yang semakin melaju kencang, "tambah Rahmat .

Ditempat yang sama Ketua Panitia Kepala Bidang Informasi dan Teknologi Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Asahan Zulkarnain SE M. Si mengatakan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan kaum wanita khususnya dalam mengelola dan memanfaatkan teknologi informasi dan komukasi agar bermanfaat positif bagi kaum perempuan dalam bersikap positif dalam memilah kabar - kabar yang tidak jelas atau HOAK di era digital yang semangkin melaju kencang, "ungkapnya .

Sosialisasi Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi kaum wanita dihadiri nara sumber dari berbagai bidang yaitu :
  1. Irbar Samekto dari BBPSDMP (Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian) Komunikasi dan Informatika Medan .
  2. Dedi Irawan ST, M. Eng dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara .
  3. Rizky Fauziah dari STMIK Royal Kisaran .
Dalam sosialisasi literasi teknologi informasi dan komunikasi bagi kaum wanita ini juga di hadiri Asisten II, Pengurus TP. PKK Kabupaten Asahan Wanita Kabupaten Asahan dan Pengajian Adziniyah Kota Kisaran Timur dan Barat .

Di akhir acara di lakukan Serangkaian penyerahan Plakat dan Penandatangan MoU atau kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Asahan dengan BBPSDMP (Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia & Penelitian) Komunikasi dan Infomatika Medan .

(GUS)

About Redaksi News

Info Kepri Memberitakan Dengan Akurat dan Terpercaya.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda