Diikuti 27 Kreatifitas, Bupati Bintan Kagum Melihat Ciptaan Peserta Lomba TTG Tingkat Kabupaten Bintan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Diikuti 27 Kreatifitas, Bupati Bintan Kagum Melihat Ciptaan Peserta Lomba TTG Tingkat Kabupaten Bintan


BINTAN, Infokepri.com 
- Sebanyak 27 kreatifitas mengikuti Lomba Tekhnologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2018  yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan di Gedung Demang Lebar Daun, Kota Kijang, Kec Bintan Timur, Rabu pagi 2 Mei 2018.

Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos bersama Ketua TP PKK Kabupaten Bintan,  Hj Deby Maryanti menghadiri lomba TTG tersebut, mereka sangat mengagumi hasil kreasi peserta Lomba TTG ini.

Pada kesempatan itu, Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos mengharapkan agar  peserta lomba dapat terus memberikan inovasi dan kreativitas untuk membangun daerah.

"Dari hasil karya yang ditampilkan seluruh peserta TTG ini, menunjukkan bahwa kita memiliki SDM yang berkualitas, kita mengharapkan, Lomba TTG Tahun 2018 ini , mampu menghasilkan sesuatu yang bisa berguna bagi pembangunan dan kemajuan daerah " ujarnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan Ronny Kartika mengatakan Lomba TTG Tingkat Kabupaten Bintan akan diselenggarakan selama 2 hari. Para pemenang lomba juga akan mewakili Kabupaten Bintan ke Lomba TTG Tingkat Provinsi Kepri.


Lomba TTG ini diikuti sebanyak 27 kreativitas yang akan memperebutkan piagam penghargaan dan uang sebesar :
  1. Juara I Rp 7 juta,-
  2. Juara II Rp 5 juta,-
  3. Juara III Rp 3 juta,-
  4. Harapan I Rp 2 juta,-
  5. Harapan II Rp 1,5 juta,-
  6. dan rangking 6 sampai dengan rangking 12 juga akan menerima uang sagu hati.
" Selain itu, bagi pemenang lomba TTG 3 besar, Dinas PMD Kabupaten Bintan akan memfasilitasi pembuatan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atau Hak Paten terhadap temuan alat teknologi tepat guna yang mereka ciptakan,  " ujarnya

Seorang peserta Raden Syahputra asal Kota Tanjung Uban, Kecamatan  Bintan Utara menuturkan terkait temuannya terhadap energi alternatif pengganti minyak dan gas yang dinamai Amega. Temuannya ini mampu membuat kagum Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos dan Ketua TP PKK Kabupaten Bintan,  Hj Deby Maryanti saat berkunjung melihat inovasi tersebut.

Dirinya menuturkan bahwa bahan limbah B3, seperti limbah Batubara yang dipadukan dengan limbah rumah tangga dapat dimanfaatkan menjadi inovasi yang bernilai tinggi.

" Amega ini merupakan energi alternatif pengganti minyak dan gas yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga seperti memasak. Inovasi ini juga berasal dari Limbah B3 Batubara dan Limbah Rumah Tangga yang tidak terpakai. Bahkan inovasi ini, sudah kami bawa dan uji laboratorium di Balai Tekhnik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kelas I Batam. Dan hasilnya , positif inovasi ini baik bagi lingkungan " tutupnya.

 (R/Pay)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel