Gubernur Kepri : Potensi Kemaritiman Perlu Ditingkatkan Agar Laut Kepri Menjadi Pusat Pembangunan Ekonomi - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Gubernur Kepri : Potensi Kemaritiman Perlu Ditingkatkan Agar Laut Kepri Menjadi Pusat Pembangunan Ekonomi


TANJUNGPINANG, Infokepri.com - Pemprov Kepri akan terus mengembangkan potensi Kemaritiman di Kepri lantaran 86 % wilayah Kepri adalah Laut. Untuk itu ekonomi berbasis kelautan harus dimaksimal agar laut Kepri menjadi pusat pembangunan ekonomi.
 
“Untuk menjadikan laut Kepri menjadi pusat pembangunan ekonomi perlu dilakukan pembagunan infrastruktur laut dengan menggunakan anggaran dari dana APBD maupun swasta dan BUMN,” kata Gubernur Kepri usai menghadiri pertemuan di Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Jumat 25 Mei 2018.
 
Menurut Gubernur Kepri, rapat tersebut dipimpin langsung oleh Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan dan juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi serta Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo, serta sejumlah Dirjen dari Kementeria Pariwisata, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
 
Sehari sebelum menghadiri rapat tersebut pada Kamis 24 Mei 2018 Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menemui Seskab, Pramono Anung.
 
Dalam dua hari itu, Gubernur Kepri memenuhi panggilan ke Jakarta untuk membahas penumbuhan provinsi Kepri.
 
Menurut Nurdin, Luhut sangat mendukung program pengembangan kawasan kemaritiman di Kepri dan dukungan itu memang diharapkan oleh Gubernur Kepri untuk meningkatkan perekonomian Kepri.
 
Pengembangan wisata bahari menjadi bagian yang dibahas dalam pertemuan itu. Cruise terminal, misalnya harus dibangun di berbagai titik strategis.
 
Karena, kata Nurdin, banyak wisatawan yang menikmati liburan dengan yatch atau fasilitas laut lainnya. Batam dan Bintan dilihat Nurdin perlu semakin mengembangkan cruise terminal ini.
 
Laman bermain Kepri untuk wisata bahari, kata Nurdin sangat luas. Karena itu perlu dukungan banyak pihak agar pengembangan potensi bahari semakin cepat terwujud
 
Pemamfaatan potensi kemaritiman, katanya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan provinsi Kepri.
 
“Banyak yang bisa dikembangkan, seperti perikanan budidaya, perikanan tangkap, industri pengolahan ikan, pertambangan dan energi, jasa kelautan dan yang terpenting wisata bahari. Bisa juga pembangunan Kota Air di berbagai daerah,” kata Gubernur Kepri.
 
(Hms/Pay)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel