» » » » Lanal Ranai Terima Berkas KIA Asal Vietnam Tangkapan KRI Halasan - 630




BATAM, Infokepri.com
– KRI Halasan – 630 menyerahkan berkas perkara Kapal Ikan Asing (KIA) asal Vietnam kepada Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P), Harry Setyawan pada Rabu  30 Mei 2018 sekira pukul 18.00 WIB.

KRI Halasan – 630 yang dikomandoi oleh Letkol Laut (P), Sandy K pada Selasa 29 Mei 2018 mengamankan sebuah KIA  berbendera Vietnam dengan nama BV 93529 TS, GT. 97 di posisi perairan sebelah Utara Pulau Laut, (koordinat 06 29 100 U - 107 25 750 T), nama nakhodanya : Phan Ngoac Toan, ABK 12 orang Warga Negara Vietnam, dengan muatan ikan campuran.

“Kapal tersebut diamankan lantaran terbukti melakukan kegiatan penangkapan ikan di wilayah perairan Indonesia dengan tidak dilengkapi dokumen yang sah. Kapal Ikan tersebut sama sekali tidak dilengkapi dengan dokumen apapun, baik dokumen kapal, dokumen muatan maupun dokumen personel pengawak kapal,” kata Danlanal Ranai Kolonel (P), Harry Setyawan melalui rilisnya.

Karena kesalahan tersebut diatas, katanya,  selanjutnya KIA Vietnam BV 93529 TS selanjutnya dikawal dan ditunda karena sebelum diperiksa oleh KRI Halasan-630, mesin kapal tersebut telah disabotase agar tidak bisa hidup oleh ABKnya. Selanjutnya kapal tangkapan tersebut akan diserahkan ke Pangkalan TNI AL Ranai dan serah terima tersebut dilaksanakan di dermaga Faslabuh Selat Lampa, guna proses hukum lebih lanjut.

Pada pukul 20.00 WIB telah dilaksanakan serah terima Barang bukti 1 buah KIA Vietnam BV 93529 TS di Long Room Perwira KRI Halasan-630 dari Komandan KRI Halasan - 630 Letkol Laut (P) Sandy Kurniawan kepada Komandan Lanal Ranai yang diwakili oleh Pgs. Pasops Lanal Ranai Kapten Laut (P) Galih Umbara S.H.

Keberadaan KRI Halasan-630 di perairan Natuna Utara adalah dalam rangka melaksanakan Operasi Benteng Sagara - 18, dibawah kendali operasi dari Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Armada I.

Danlanal Ranai Kolonel (P), Harry Setyawan mengatakan setelah menerima berkas perkara KIA Vietnam tangkapan KRI Halasan-630 akan melaksanakan proses hukum lebih lanjut terhadap kapal dan ABK KIA Vietnam BV 93529 TS.

(AP)

About Redaksi News

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda