Redaksi dan Pemasaran Telp (0812)70197866,| Email: paruliankepri@yahoo.com
» »Unlabelled » Ketua TP PKK Asahan Harapkan Kades Menjadikan Perlombaan Desa Terbaik Sebagai Pengabdian Kepada Masyarakat


ASAHAN, Infokepri.com - Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang menegaskan bahwa tugas Kepala Desa atau Lurah saat ini bukan saja untuk menjalankan roda Pemerintahan saja tetapi harus sebagai pemimpin di daerahnya harus mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dan melakulan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dan mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat dengan melihat daya saing desa sesuai nilai - nilai pancasila .

" Sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 Tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa, yang mengamanahkan bahwa setiap tahunnya pemerintah harus melakukan evaluasi terhadap perkembangan desa dengan tujuan menentukan status pencapaian hasil perkembangan sebuah desa serta penyelenggaraan pemerintah desa dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dan mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat dengan melihat daya saing desa sesuai nilai - nilai pancasila," kata Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Syamsuddin SH.MM saat acara lanjutan Evaluasi Perkembangan Desa dan Perlombaan Desa Terbaik Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2018 yang dilaksanakan di Aula Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan Selasa 8 Mei 2018.

Ia menjelaskan sesuai Permendagri nomor 81 tahun 2015 itu, Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten / Kota sampai kepada Pemerintah Desa dituntut agar lebih kreatif dan inovatif dalam merencanakan dan melaksanakan roda pemerintahan di setiap tingkatan.

Lebih jauh  Syamsuddin mengatakan dalam evaluasi perkembangan desa dan kelurahan diberikan instrumen penilaian sebagai bahan acuan evaluasi perkembangan desa. Instrumen tersebut adalah bahan dasar bagi pemerintah desa dan kelurahan untuk mengevaluasi diri sendiri terhadap perkembangan di desa dan kelurahan .

Masih kata Syamsuddin, pada tahun 2018 pemerintah kabupaten Asahan melalui dinas PMD kabupaten Asahan akan melakukan perbaikan sistem evaluasi perkembangan desa. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, penilaian dilakukan secara berjenjang dan terbuka .


"Penilaian yang dilakukan secara berjenjang dan terbuka ini akan menghasilkan tingkat kompetensi yang lebih sehat sehingga yang pada akhirnya akan menghasilkan desa - desa terbaik yang memiliki daya saing, "kata kadis .

Ditempat yang sama Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Winda Fitrika Taufan Gama Simatupang sebagai ketua Tim Penilai mengatakan penilaian desa dan kelurahan terbaik kabupaten Asahan ini jangan di jadikan beban dalam mengikuti perlombaan akan tetapi jadikanlah perlombaan penilaian desa ini sebuah amanah dan pengabdian kita kepada masyarakat .

"Saya berharap setiap kegiatan dan perlombaan desa terbaik kabupaten Asahan nantinya seluruh perangkat desa mulai dari TP PKK Desa dan LPM dapat membantu kepala desa dalam memberi semangat masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan desa, "tegasnya .
 
Acara evaluasi perkembangan desa dan perlombaan desa terbaik tingkat kabupaten Asahan tahun 2018 ini juga dihadiri Sekertaris Daerah, Kepala Dinas/Kabid/Kabag Kabupaten Asahan dan para Kepala Desa, Ketua TP PKK Desa dan Ketua LPM.
(GUS)

About Redaksi News

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda