Redaksi dan Pemasaran Telp (0812)70197866,| Email: paruliankepri@yahoo.com
» » » » Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia, Wadir RSBP Batam : Cuci Tangan Cegah Infeksi dan Penularan Penyakit


BATAM, Infokepri.com 
- Wakil Direktur RS BP Batam, dr. Chandra Friyadi MARS, MH, Kes menghimbau agar masyarakat selalu membiasakan diri mencuci tangan dengan bersih lantaran semua penyakit seperti diare, muntaber dan penyakit lainnya tertular dari tangan yang tidak bersih.

“Jika kita membiasakan diri selalu cuci tangan maka hidup kita akan selalu sehat,” kata Wakil Direktur RS BP Batam, dr. Chandra Friyadi MARS, MH, Kes dalam sambutannya pada acara memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia yang digelar di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (BP) Batam, Sekupang, Batam pada Jumat 11 Mei 2018.

Peringatan Hari Cuci Tangan  Sedunia tahun ini RS BP Batam mengambil thema Save Live  : Clean Your Hands ( Dengan tangan yang bersih hidup kita menjadi sehat).

Wakil Direktur RS BP Batam mengatakan bahwa pihaknya memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia ini setiap tahun, hal ini merupakan langkah awal menjaga kebersihan baik itu petugas kesehatan terhadap pasien maupun sebaliknya di lingkungan rumah sakit.

Ia menyebutkan memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia ini sebagai bentuk kepedulian RS BP Batam bahwa mereka peduli dengan strerilisasi dan kebersihan petugas dalam melaksanakan tindakan kepada pasien. Hal itu dilakukan untuk menurunkan angka infeksi serta penularan penyakit dari pasien ke petugas maupun sebaliknya, dan dari bahan yang terinfeksi.


"Jadi setiap petugas yang berada di rumah sakit, kita harapkan dapat melaksanakan cuci tangan ini, sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh WHO," jelasnya.

Penyelenggaraan kegiatan Hand Hygiene ini, katanya,  dimeriahkan juga dengan penampilan tari dan lomba cuci tangan, diikuti oleh Petugas RSBP Batam dan juga masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panitia, Sulastri, S. Kep mengatakan Hari Cuci Tangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 05 Mei 2018 dan RSBP  memperingati dengan mengadakan lomba cuci tangan, dan ini sudah yang ke lima kalinya.

"Kebersihan tangan ini tidak hanya petugas kesehatan saja, tetapi untuk seluruh masyarakat, dari anak balita sampai usia lanjut. semua kita sosialisasikan harus mengetahui bahwa cuci tangan ini penting," ungkapnya.

Ia menyebutkan bahwa semua penyakit yang tertular melalui tangan, baik dari tangan petugas kesehatan maupun tangan masyarakat seperti penyakit diare, muntaber, semua itu bermula dari tangan yang tidak bersih.

" Kegiatan ini selain untuk memperingati hari Cuci Tangan Sedunia, kegiatan yang diselenggarakan RSBP Batam ini merupakan sebagian poin-poin dalam meningkatkan Akreditasi dari B ke A, dan yang paling utama mencegah lebih baik dari pada mengobati," pungkasnya.

(AP)

About Redaksi News

Info Kepri Memberitakan Dengan Akurat dan Terpercaya.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda