Redaksi dan Pemasaran Telp (0812)70197866,| Email: paruliankepri@yahoo.com
» » » » PT Pertamina Lubricants Ekspor Perdana dari Batam ke China


BATAM, Infokepri.com  - PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola kegiatan produksi dan pengelolahan pelumas, grease, specialties product dan base oil melakukan ekspor perdana ke China. Ekspor perdana ini dilakukan melalui TBBM Kabil (Kawasan Bilateral) Batam, Kepulauan Riau.

"Kami melakukan ekspor perdana Lube Base Oil (LBO) dengan jumlah lebih dari 6.000 MT LBO BS 150 kepada PT Petro China International (H.K) Co., LTD. Ini bentuk keseriusan kami untuk menjadi PT Pertamina Lubricants menjadi perusahaan pelumas kelas dunia," kata Afandi, Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Jumat (25/5/2018).

Afandi menjelaskan, ekspor perdana yang dilakukan melalui TBBM Kabil sebagai upaya untuk menjadikan Port Kabil Batam sebagai Hub Lunch atau pusat ekpsor terbesar di Indonesia bahkan di internasional. Ia juga mengaku siap untuk meningkatkan kemampuan agar dapat bersaing di pasar internasional khususnya Asia. "Sebelumnya, ekspor LBO BS 150 dilakukan dari Refinert (RU) IV Cilacap sebelum akhirnya ditentukan di TBBM Kabil ini," katanya lagi.

Penentuan TBBM Kabil sebagai pusat ekspor terbesar dikarenakan Port Kabil Batam memiliki kapasitas penyimpanan stok yang lebih besar dan port restriction yang lebih bersahabat dengan pelanggan sehingga mampu melakukan ekspor dengan bulk atau vessel dan mampu mengakomodir spek kapal yang lebih besar. Menurut Afandi, Port Kabil Batam dapat mengakomodir kapal jenis Ocean Going dan Mother Vessel. "Selain itu, banyak keuntungan dari aktivitas trading LBO seperti meningkatkan volume perdagangan ekspor melalui Batam, traffic kapal tanker juga akan meningkat," ujar Afandi.

Afandi mengatakan, melalui TBBM Kabil Batam ini, PT Pertamina Lubricants akan meningkatkan penjualan dan ekspor melalui IBC hasil blending, flexy bag dan juga partai kecil atau ritel. Letak Batam secara geografis yang berdekatan dengan negara-negara tujuan ekspor seperti Asia Tenggara, China, Eropa, Australia dan Timur Tengah tentunya akan memudahkan PT Pertamina Lubricants mencapai visinya untuk dapat mengelola LBO ke pasar internasional dengan skala dam volume yang lebih besar.

"Kami berharap kami mampu mengelola LBO ke pasar internasional yang jauh nun dengan biaya yang lebih efisien sehingga bisa kompetitif di pasar ekspor," kata Afandi.

Saat ini, lanjut Afandi, PT Pertamina Lubricants telah berhasil menjangkau pasar 17 negara di dunia. PT Pertamina Lubricants juga telah memiliki anak perusahaan Thailand menyusul di beberapa negara lain seperti Australia. "Kami terus berupaya untuk dapat melakukan ekspor dari TBBM Kabil Batam ke berbagai negara lain di dunia," katanya.

(okezone.com)

About Redaksi News

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda