Menjelang Idul Fitri 1439 H, Pemkab Bintan Terus Mengawasi Harga Bahan Pangan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Menjelang Idul Fitri 1439 H, Pemkab Bintan Terus Mengawasi Harga Bahan Pangan


BINTAN, Infokepri.com –  Hingga saat ini, pada H minus 6 lebaran Idul Fitri 1439 H, harga bahan pangan disejumlah pasar tradisional di kabupaten Bintan masih stabil, jika ada harga bahan pangan yang naik,  kenaikannya tidak begitu signifikan sekitar Rp 2 ribu,-.
" Menjelang lebaran Idul Fitri 1439 H, kami belum lihat ada penyimpangan yang menyebabkan harga pangan naik secara tajam, rata-rata naik masih dalam mekanisme yang normal, sekitar 1.000 hingga 2.000 Rupiah, "kata Bupati Bintan, Apri Sujadi.S.Sos
Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kabupaten Bintan, Khairul mengatakan pihaknya selalu memantau di sejumlah lokasi pasar tradisional, bahwa  sejauh ini harga yang beredar masih cenderung stabil, tidak ada kenaikan harga yang signifikan.
“ Sesuai informasi dari pedagang tidak ada masalah dengan harga kebutuhan pangan dan mereka mendapatkan barang dengan lancar " ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Khairul, Sabtu pagi, 9 Juni 2018.
Lebih lanjut disebutkannya, pihaknya akan terus melakukan  pengawasan dan pemantauan karena diperkirakan beberapa hari kedepan menjelang Lebaran, kondisi pasar akan mengalami peningkatan permintaan (demand) untuk pembelian dan harga kebutuhan pokok, sehingga perlu dilakukan antisipasi sedini mungkin.
" Diprediksi menjelang lebaran Idul Fitri 1439 H, biasanya akan tinggi permintaan akan bahan pangan, sehingga harga akan naik. Untuk itu kita terus  melakukan pengawasan supaya jangan karena permintaan bahan pangan tinggi, lalu dinaikkan secara sepihak oleh pedagang " ujarnya
Pantauan kondisi lapangan berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan didapat sejumlah harga sampai sekarang kondisi masih stabil, seperti komoditas bawang merah Jawa berada di kisaran harga Rp 34.000/Kilo naik Rp 2.000 dari sebulan sebelumnya, lalu harga sayur di kisaran harga Rp 12.000/Kilo turun Rp 2.000 dari sebulan sebelumnya. Harga cabe rawit di kisaran harga Rp 35.000/Kilo naik Rp 1.000 dari sebulan sebelumnya. Harga telur ayam di kisaran harga Rp 1.330/butir naik Rp 30,- dari sebulan sebelumnya
Lalu , komoditas strategis lainnya seperti daging ayam masih stabil diharga Rp 38.000/kilo, daging sapi segar masih stabil diharga Rp 145.000,-/kilo serta daging sapi beku masih stabil seperti sebulan sebelumnya diharga Rp 95.000,-/kilo.

(R/Pay)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel