Redaksi dan Pemasaran Telp (0812)70197866,| Email: paruliankepri@yahoo.com
» » » » » Selama Puasa Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1439 H Konsumsi Listrik Di Batam dan Bintan Menurun 10 %

Maneger Public Relation Bright PLN Batam, Bukti Panggabean (Fhoto : Infokepri.com)

BATAM, Infokepri.com  - Pada bulan puasa Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri  1439 H konsumsi listrik di wilayah Batam dan Bintan menurun hingga 10 %  jika dibandingkan dengan hari biasa. Penurunan konsumsi listrik itu sangat terlihat seminggu menjelang lebaran Idul Fitri 1439 H.

Maneger Public Relation Bright PLN Batam, Bukti Panggabean saat ditemui di  ruang kerjanya, Senin 25 Juni 2018 mengatakan pada hari biasa konsumsi listrik berkisar 327 Megawatt dan pada lebaran Idul Fitri 1439 H, Jumat 15 Juni 2018 konsumsi listrik sebesar 219 Megawatt dan pada Sabtu 16 Juni 2019 konsumsi listrik untuk wilayah Batam dan Bintan sebesar 240 Megawatt.

Menurutnya ada beberapa faktor yang menyebabkan  konsumsi listrik itu menurun dari hari biasa diantaranya menjelang lebaran Idul Fitri 1439 H ada libur bersama jadi masyarakat banyak yang cuti dan mudik sehingga pemakaian listrik berkurang.

Banyaknya masyarakat atau karyawan perusahaan yang mudik membuat sejumlah perusahaan industri di Batam sebagai konsumen listrik terbesar  mengurangi produktifitasnya yang sudah tentu konsumsi listriknya berkurang.

Selain itu saat libur panjang itu kantor tidak beroperasi yang sudah tentu konsumsi listrik akan berkurang.

Faktor lainnya adalah faktor cuaca,  menjelang lebaran dan pasca Idul Fitri 1439 H cuaca di Batam dan Bintan mendung dan pemakaian AC pada cuaca mendung akan berkurang.

“Jika cuaca mendung konsumen umumnya enggan menghidupkan AC nya,” jelasnya.

Terkait adanya listrik yang padam pada H plus lebaran Idul Fitri 1439 H dibeberapa titik seperti di Batam Centre, Bukti menyampaikan permohonan maafnya. Padamnya lisrik itu lantaran adanya gangguan alam disebabkan adanya petir yang membuat suplay gas terganggu.

“Padamnya listrik itu bukan disebabkan oleh unsur kesengajaan Bright PLN Batam yang melakukan pemadaman namun disebabkan unsur gangguan alam,” tegasnya.

Direktur Operasi Bright PLN Batam, lanjut Bukti, sebelumnya telah menegaskan bahwa Bright PLN Batam tidak akan melakukan perawatan dengan melakukan pemadaman listrik pada  H minus 7 dan H Plus 7 lebaran Idul Fitri 1439 H.

Walau tidak melakukan perawatan, kata Bukti, Bright PLN Batam menjamin tidak adanya pemadaman dan tidak  kwatir adanya  selebrasi lebih dibandingkan tahun sebelumnya lantaran daya listrik Bright  PLN Batam masih surplus sekitar 200 Megawatt.

(Pay)

About Redaksi News

Info Kepri Memberitakan Dengan Akurat dan Terpercaya.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda