Redaksi dan Pemasaran Telp (0812)70197866,| Email: paruliankepri@yahoo.com
» » » » Dedy Suwadha : Release Yang Dikeluarkan Humas Harus Sesuai Fakta dan Mengandung 5W + 1H


 
BATAM, Infokepri.com – Setiap Humas perusahaan harus mampu membuat press release yang berisi fakta atau rekonstruksi peristiwa dengan kandungan elemen berita 5W+1H. Hal ini perlu dilakukan agar media massa yang akan menerbitkannya dapat memberikan informasi yang dapat dicerna oleh masyarakat luas.
 
“ Press release yang memenuhi nilai berita akan mudah dan cepat dipublikasikan karena layak muat, layak siar  atau layak posting,” kata pengurus PWI Provinsi Kepri, Dedy Suwadha.S.Pd saat menjadi nara sumber pada kegiatan Bimtek dan Sertifikasi Pelatihan Jurnalis yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Batam bekerja sama dengan LPK Jogja Consultant Batam di Ruko Duta Mas, Batam Centre, Kamis 12 Juli 2018.
 
Dalam pemaparannya dihadapan 30 peserta yang terdiri dari wartawan dan humas dari beberapa perusahaan yang ada di Kota Batam, Dedi menyebutkan bahwa setiap press release yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan harus mengacu beberapa hal diantaranya adalah : berisi informasi yang mengandung News Value atau nilai berita, disajikan apa adanya tidak mengumbar pujian dan ditulis dalam bentuk berita  atau straight news yang disajikan dalam bentuk piramida terbalik dan press release itu harus mencantumkan contact person yang gampang dihubungi, serta pihak perusahaan harus melampirkan beberapa fhoto yang mendukung press release tersebut.
 

Selain menjelaskan hal tersebut, Dedy juga memberikan materi bagaimana membuat blog atau webs yang langsung dipraktekkan seluruh peserta yang mengikuti Bimtek tersebut.
 
Setelah menjelaskan seluruh materi, Dedi langsung menguji seluruh peserta untuk menulis release yang berkaitan dengan perusahaan ditempat peserta bekerja.
 
“Dari berita yang ditulis seluruh peserta, setelah saya baca rata-rata mereka sudah mengerti dan memahami materi yang saya berikan, “ kata Dedi saat ditemui sewaktu jam istirahat.

Selain Dedy Suwadha, LPK Jogja Consultant Batam juga menghadirkan Wakil Ketua Hubungan Antar Lembaga PWI Kepri, Novianto sebagai nara sumber. Dalam materinya ia memaparkan tentang mamfaat dan resiko dari penggunaan media sosial serta bagaimana media sosial itu dapat mendukung usaha masyarakat.

Bimtek yang digelar selama dua hari ini, ditutup oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Syakyakirti.SH.MH yang diwakili oleh Kasi Produktifitas Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Abdul Ghani.

(Pay)

About Redaksi News

Info Kepri Memberitakan Dengan Akurat dan Terpercaya.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda