Ini Alasan Penghentian Pencarian Korban KM Sinar Bangun - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Ini Alasan Penghentian Pencarian Korban KM Sinar Bangun


JAKARTA,
  - Penghentian pencarian korban kapal motor (KM) Sinar Bangun diprotes aktivis Ratna Sarumpaet. Apa sesungguhnya yang menjadi alasan penghentian pencarian korban?

Kepala SAR Medan sekaligus Koordinator Tim Pencarian KM Sinar Bangun, Budiawan, menjelaskan alasannya kepada detikcom, Selasa (3/7/2018). Penghentian pencarian diawali perundingan antara pihak pemerintah dan keluarga korban pada hari ke-13 pencarian atau Sabtu (30/6) lalu.

"Di hari ke-13, kita coba berunding sama Bupati (Simalungun) dan keluarga korban. Kalau mau mengambil ya kita siapkan dana besar, peralatan yang canggih, dan perlu waktu yang lama," kata Budiawan.
Pertimbangan kesulitan dalam mengangkat jenazah dari dasar danau menjadi pembahasan bersama. Posisi kapal dan jenazah ada pada kedalaman 450 meter.

"Pada hari ke-14, faktor kesulitan itu semua sudah tahu ya. Ini kita maknai dulu deh, apakah kita akan berlarut-larut dengan mencari alat ke luar negeri dan ke mana-mana?" ujar Budiawan.
Alat Remotely Operated Underwater Vehicle (ROV) telah diterjunkan dan memang berhasil memotret kondisi KM Sinar Bangun yang karam. Namun tim SAR menyatakan evakuasi korban pada kedalaman 450 meter bukanlah pekerjaan yang mudah.

"Kalau manusia biasa bertanya, 'Lho ketemu kok nggak diangkat?' Siapa yang bisa ngangkat? 450 meter kedalamannya," tutur Budiawan.

Karena Tim SAR disebutnya sudah berusaha maksimal, lebih baik kini semua pihak berserah diri saja kepada Tuhan Yang Maha Esa. Rembukan dengan pihak keluarga korban diadakan dan akhirnya pihak korban mampu mengikhlaskan keadaan ini.

"Kalaupun diangkat (jenazah korban), mau nggak kita dapat tangan? Tangan siapa itu kita nggak tahu. Mau dapat kepala? Nanti fitnah lagi. Biarlah tenang jasad-jasad di sana. Diangkat pun nantinya dikuburkan juga kok," tutur Budiawan.

Sebelumnya, Ratna Sarumpaet memprotes penghentian pencarian korban KM Sinar Bangun kepada Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan. Ratna mengaku telah didatangi keluarga korban yang ingin pencarian terus dilanjutkan sampai jenazah diangkut dari dasar danau.

"Saya tanya ke rakyat (keluarga korban), mereka menyatakan biar cuma selendangnya, kami mau (korban) diangkut. Kami tidak mau pencarian dihentikan," tutur Ratna dilansir detikcom, Senin (3/7/2018).

Ratna tak bisa menerima alasan Tim SAR menghentikan pencarian korban. "Buat saya itu aneh, kenapa pencarian itu dihentikan," kata Ratna.
 
(detik.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel