Redaksi dan Pemasaran Telp (0812)70197866,| Email: paruliankepri@yahoo.com
» » » » Tekan Angka Penyakit Malaria, Dinkes Asahan Lakukan Penyemprotan 10 Ribu Rumah



ASAHAN, Infokepri.com - Dalam menekan angka kasus malaria yang disebabkan gigitan nyamuk Aides Agypty, Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Kesehatan melakukan penyemprotan racun insektisida untuk membunuh nyamuk malaria . 


Penekanan angka penyakit malaria yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dengan cara mentemprotkan insektisida di dinding rumah atau Indor Residual Spraying (IRS) yang berada di daerah titik rawan endemis yang di sebabkan nyamuk Aides Agypty. 

Dalam penekanan angka penyakit malaria, Pemkab Asahan melalui Dinkes akan bekerja sama dengan Puskesmas yang menjadi sasaran utama penyemprotan seperti di Puskemas Sei Apung sebanyak 2.883 rumah, puskemas Silau Laut 3.488, puskemas Sei Kepayang Timur 2.582 rumah dan Puskemas Bagan Asahan sebanyak 1.047 rumah . 

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan dr. Aris Yudhariansyah melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Asahan, Saprin Hutahean mengatakan, Penyemprotan insektisida jenis racun pembunuh nyamuk Aides Agypty di tahun 2018 dengan ketahanan selama 1 tahun ini rencananya akan di lakukan di 10 ribu rumah yang rawan penyakit malaria yang tersebar di Kabupaten Asahan . 

"Tahun ini Dinas Kesehatan akan melakukan penyemprotan insektisida pembunuh nyamuk di 10 ribu lokasi yang tersebar di empat Kecamatan. 

Penyemprotan ini akan di lakukan dengan sistem Indor Residual Spraying (IRS) atau menyemprot dinding rumah sehingga nyamuk Aides Agypty saat menempel di dinding rumah akan mati, "ujar Saprin Hutahean saat berbincang dengan sejumlah awak media, Senin 16 Juli 2018 . 

Selain itu Saprin juga menuturkan, sampai saat ini kasus penyakit malaria yang di sebabkan gigitan nyamuk masih di bawah rata - rata dengan jumlah kasus masih di bawah ambang batas. Untuk itu, di tahun 2020 Dinkes Asahan merencanakan Kabupaten Asahan akan bebas dari kasus gigitan nyamuk aides agyty . 

"Dengan dilakukannya penyemprotan insektisida dengan sistem penyemprotan ke dinding rumah di harapkan Kabupaten Asahan Akan terbebas dari kasus endemik gigitan nyamuk malaria aides agypty di tahun 2020, "ucapnya . (GUS)

About Redaksi News

Info Kepri Memberitakan Dengan Akurat dan Terpercaya.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda