Redaksi dan Pemasaran Telp (0812)70197866,| Email: paruliankepri@yahoo.com
» » » » Menyambut Hari Raya Idul Adha 1439 H, Stok Hewan Kurban Sapi dan Kambing Di Batam Aman

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam, Ir Sri Yunelli
BATAM, Infokepri.com – Menyambut hari Raya Idul Adha 1439 H ketersedian hewan kurban sapi di Batam aman, diawal Agustus 2018 ini jumlah hewan kurban sapi sebanyak 850 ekor dan direncanakan dalam waktu dekat ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam akan kembali mendatang hewan kurban sapi sebanyak 1300 ekor.
“ Seminggu sebelum hari Raya Idul Adha 1439 H kita akan mendatang sapi untuk hewan kurban dari Jawa, Bali dan Sumatera sebanyak 1300 ekor,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam, Mardanis melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ir Sri Yunelli saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 1 Agustus 2018.
Ia menyebutkan untuk memenuhi kuota kebutuhan hewan kurban untuk hari Raya Idul Adha 1439 H pihaknya bersama peternak sapi akan mendatang sapi dari Lampung, Palembang, Jawa dan Bali.
Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan,  Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam akan turun ke lokasi peternak sapi seperti di Sei Temiang, Nongsa dan lokasi lainnya untuk melakukan pengecekan dan memeriksa kondisi kesehatan hewan sapi kurban.
“ Untuk memeriksa kondisi kesehatan hewan sapi itu pihak kami akan bekerja sama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI)  Kota Batam,” katanya.
Ia menyebutkan pemeriksaan kesehatan hewan kurban sapi itu difokuskan pada pemberantasan penyakit parasiter (kecacingan), penyakit BVD (bovine viral dearhea) dan antisipasi jembrana pada hewan ternak Sapi Bali.
Nantinya, bila Tim Kesehatan Hewan menemukan sapi yang tidak layak dan tidak sehat untuk kurban maka tidak akan diberikan surat keterangan layak dan sehat.

“ Jika saat kita periksa ada ditemukan sapi yang sakit diare dan parasit, maka tidak boleh untuk hewan kurban " jelasnya.


Jika hewan kurban sapi itu sehat dan layak pihaknya akan memberikan label. “ Saya menghimbau kepada panitia hewan kurban agar menyembelih hewan kurban yang sehat, layak, cukup umur dan jantan dan membeli  label,” jelasnya.

Yunelli juga menyebutkan bahwa seminggu menjelang hari Raya Idul Adha 1439 H pihaknya akan kembali turun ke lokasi peternakan untuk memeriksa dan memberikan label kepada sapi yang mereka nilai layak untuk dijadikan hewan kurban.

Ada beberapa jenis sapi yang kerap digunakan untuk kurban seperti : Sapi Simetal, Sapi Limosin dan jenis Sapi Bali.

Untuk Sapi Simetal memiliki berat 300 hingga 350 kilogram, harganya berkisar Rp 25 juta hingga Rp 50 juta dan Sapi Limosin memiliki berat berkisar 500 hingga 600 kilogram bisanya dijual berkisar Rp 24 juta,- hingga Rp 45 juta,- Sedangkan sapi Bali dijual berkisar Rp 17 juta hingga Rp 28 juta,-.

Sedangkan untuk stok kambing, Yusnelli menyebutkan saat ini ada sebanyak 5000 ekor, sebagian sapi dan kambing ada yang berasal dari Batam seperti dari pulau Karas, Air Raja, Tanjung Kubuh dan daerah pulau-pulau lainnya.

“Berdasarkan pengalaman tahun lalu, untuk menyambut hari Raya Idul Adha 1439 stok sapi dan kambing yang ada di Batam aman,”katanya.

(Pay)

About Redaksi News

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda