Redaksi dan Pemasaran Telp (0812)70197866,| Email: paruliankepri@yahoo.com
» » » » Sosialisasikan Program Dibidang Kesehatan, UPT Puskesmas Sei Langkai Menggelar Pertemuan Lintas Sektoral



BATAM, Infokepri.com - Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Kesehatan UPT Puskesmas Sei Langkai menggelar pertemuan lintas Sektoral di bidang Kesehatan yang digelar di ruang rapat kantar Kecamatan Sagulung, Batam, Senin (26/8/2018)

Pertemuan lintas Sektor ini dihadiri puluhan masyarakat Kelurahan Sei Langkai, LSM, pihak Kecamatan Sagulung, pihak Kelurahan Sei Langkai dan pihak Puskesmas Sagulung dan Dinas Kesehatan Kota Batam.

Kepala Puskesmas Sei Langkai melalui Kepala UPT Puskesmas, dr umum Nirwana Nasution mengatakan pertemuan Lintas Sektor ini diadakan sekali 3 bulan dengan tujuan agar masyarakat mengetahui seluruh program Dinas Kesehatan Kota Batam dan program UPT Puskesmas Sei Langkai.

Ia menyebutkan pertemuan ini digelar agar pihak Puskesmas dapat bekerja sama dengat pihak Kecamatan dan pihak Kelurahan, RT dan RW.

Dalam pertemuan itu, katanya, yang di bahas mengenai pencapaian kinerja Puskesmas sekaligus pencapaian program yang paling unggul di Puskesmas Sei Langkai saat ini . 

Beberapa program Dinas Kesehatan Kota Batam yang disosialisasikan dalam pertemuan itu adalah pencegahan penyakit :  HIV, AIDS ,Pemeriksaan IVA untuk mendeteksi kanker mulut rahim atau kanker payudara, TBC.

"Jika penyakit TBC sekarang betul-betul banyak di lingkungan kita karena Batam padat penduduknya dan sangat banyak di lingkungan kita jadi kami buat peluang yang inovatif,"jelasnya.

Selain itu, katanya, ada juga program lndonesia sehat yaitu program yang langsung dari presiden. 

"Untuk menjalankan program itu, Kami datang ke rumah-rumah untuk mendeteksi apakah  ada anggota keluarga yang terdeteksi penyakit tersebut," katanya.

Pihak UPT Puskesmas Sei Langkai , katanya, mendatangi rumah warga  hanya untuk scaning saja apakah ada penyakit Hypertensi, TBC pemakaian alat KB .

Dari hasil ke rumah-rumah itu, lanjutnya, datanya di laporkan ke pusat data lndonesia. 

Lebih lanjut disebutkannya untuk pemeriksaan penyakit seperti : TBC, HIV, Aids dan lVA UPT Puskesmas Sei Langkai akan buka setiap hari Sabtu mulai pukul 7.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Pemeriksaannya dilakukan secara gratis.

" Jika ada ditemukan pasien mengidap penyakit kanker serpik langsung dirujuk   ke dokter spesial kandungan untuk penanganan lebih dalam lagi," katanya.

Dalam pertemuan lintas Sektoral disepakati : 

Camat memberikan dukungan pelayanan kesehatan di Puskesmas
Polsek berkordinasi membuat Visum et repertum 
Babinsa berkoordinasi dalam masalah keamanan dan penanggulangan bencana dan memberikan masukan harapan dan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan 
Lurah menyusun jadwal program kesehatan dan ikut mengaktipkan desa siaga.
Sekolah UKSG (Usaha Kesehatan Gigi Sekolah ) penyuluhan Kesehatan gigi, demo sikat gigi dan pemeriksaan gigi Tim Penggerak (TP) PKK ikut mengaktidkan desa wisma
Kader yaitu untuk membantu petugas Puskesmas dalam rangka melaksanakan kegiatan pelayanan Kesehatan.
RT /RW sebagai penggerak peran serta masyarakat.

(RN/Pay)

About Redaksi News

Info Kepri Memberitakan Dengan Akurat dan Terpercaya.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda