Redaksi dan Pemasaran Telp (0812)70197866,| Email: paruliankepri@yahoo.com
» » » » Pawai Estafet Obor Asian Para Games 2018 Disambut Antusias Ratusan Masyarakat Medan



MEDAN, Infokepri.com –
Ratusan masyarakat Sumatera Utara (Sumut), khususnya yang tinggal di Kota Medan, tampak antusias menunggu dimulainya pawai estafet obor Asian Para Games 2018. Kerumunan warga berkumpul di depan Kantor Walikota Jalan Kapten Maulana Lubis Medan, yang merupakan titik awal rute pawai obor, Minggu pagi (23/9/2018).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut, H Baharuddin Siagian SH MSi mewakili Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi turut hadir dalam pelepasan pawai obor tersebut.

“Kemarin, obor ini diterima langsung oleh Bapak Edy. Hari ini, akan kita arak di jalanan Kota Medan, menghimpun semangat dan dukungan dari masyarakat Sumut, untuk para Saudara kita yang akan bertanding di Asian Para Games,” ujarnya.

Bahar mengatakan bahwa pawai estafet obor Asian Para Games ini merupakan peristiwa bersejarah yang patut dikenang oleh Sumut. Banyak hikmah penting yang bisa dipetik dari peristiwa ini. Termasuk salah satunya yakni belajar dari atlet difabel yang bisa berprestasi  dengan keterbatasan.

Walikota Medan Dzulmi Eldin sepakat dengan Bahar. Dzulmi berharap masyarakat Medan dan Sumut pada umumnya bisa memetik hikmah dan motivasi dari event Asian Para Games ini. Dengan kerja keras, kata Dzulmi, kekurangan yang ada juga bisa menjadi kelebihan.

“Kita mengakui, sarana dan prasarana olahraga untuk atlet difabel masih sangat kurang. Di masa depan, kita akan upayakan dan maksimalkan fasilitas untuk para difabel di Kota Medan cepat direalisasikan, seperti trotoar yang ramah difabel,” katanya.

Sementara itu, Sekjen Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (Inapgoc) Bayu Rahardian menyampaikan apresiasi terhadap Pemprov Sumut, Pemko Medan, dan seluruh masyarakat Sumut serta pihak terkait yang telah turut menyambut dan meramaikan pawai pawai estafet obor Asian Para Games.

“Asian Para Games ini tidak hanya berbicara tentang olahraga dan prestasi. Tetapi lebih jauh dari itu, obor ini adalah kobaran semangat untuk menggelorakan kepedulian terhadap disabilitas. Kehormatan besar bagi negara kita menjadi tuan tumah, mari kita dukung dan sukseskan bersama Asian Para Games 2018,” ajaknya.

Wakil Ketua I Bidang Organisasi NPC Sumut Erwin Yoesoef Nasution melaporkan bahwa ada sebanyak 17 atlet dari Sumut yang akan bertanding di Asian Para Games, dimana 8 diantaranya berasal dari Medan.

Obor yang telah diinapkan di Kantor Walikota Medan diserahkan Sekjen Inapgoc Bayu kepada Walikota Medan untuk kemudian diestafetkan Sekretaris Kemenpora RI Gatot S Dewa Broto. Estafet obor, yang juga diiringi dengan marching band, berlanjut terus menerus melewati Jalan Balaikota, Jalan Stasiun Kereta Api Keswan, Jalan MT Haryono hingga ke Lapangan Benteng di Jalan Pengadilan.

Beberapa pembawa obor termasuk diantaranya Kepala Deputi Pembangunan Manusia. Masyarakat, dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas Dr Ir Subandi, Pangdam I Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI MS Fadilah, Kapolda Sumut Irjend Pol Drs Agus Andrianto, Duta PBB untuk disabilitas Sikdam Hasim Gayo, Anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan, Kepala BPKP RI Dr Ardan Adiperdana Ak MBA, para atlet Asian Para Games, dan diterima di lapangan benteng oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof Dr Muhadjir Effendy MAP dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Tidak hanya di depan Halaman Kantor Walikota, banyak masyarakat yang juga telah menunggu di jalan-jalan rute yang akan dilalui pawai obor Asian Para Games. Banyak diantaranya yang baru selesai berolahraga. Sambil mengibarkan bendera kecil negara-negara yang turut berpartisipasi dalam Asian Para Games, mereka juga antusias mengabadikan pawai estafet dengan gawai masing-masing.

(R)

About Redaksi News

Info Kepri Memberitakan Dengan Akurat dan Terpercaya.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda