Pemprov Kepri Bentuk Tim Untuk Menyelesaikan Piutang PT ATB Sebesar Rp 23,4 Milyar,- - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Pemprov Kepri Bentuk Tim Untuk Menyelesaikan Piutang PT ATB Sebesar Rp 23,4 Milyar,-



TANJUNGPINANG, Infokepri.com – Pemprov Kepri akan membentuk tim untuk menyelesaikan melalui mediasi terkait piutang PT ATB sebesar Rp 23,4 miliar,- Pembentukan tim itu dilakukan setelah mendapat kritikan dari Fraksi Hanura Plus dan PPP-PKS,
“ Tim yang akan dibentuk itu akan melibatkan unsur DPRD, BP Batam, dan PT ATB, tim ini akan melakukan mediasi dengan PT ATB,’ Kata Wakil Gubernur Kepri Isdianto, saat memberikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi di ruang rapat paripurna DPRD, Kamis (9/6/2018).
Dalam penjelasananya Wagub Kepri juga menjawab kritik masih nihilnya realisasi labuh jangkar sebesar Rp 60 miliar. Menurut Isdianto, hal ini disebabkan belum adanya Peraturan Pemerintah (PP) turunan dari UU Nomor 23 tahun 2014 sebagai dasar untuk melakukan pemungutan retribusi labuh jangkar. Pemprov Kepri masih terus berkoordinasi dengan Kemenhub, dan Kemendagri agar Rancangan PP tersebut dikeluarkan.
DPRD Provinsi Kepri rencananya akan mengesahkan APBD Perubahan Provinsi Kepri pada 25 September mendatang. Pengesahan ini dilakukan sehari setelah Rapat Paripurna Istimewa hari jadi yang dilaksanakan pada 24 September 2018 mendatang.

Wagub Kepri juga menjelaskan bahwa defisit anggaran yang terjadi saat ini, disebabkan beberapa faktor. Pemerintah Provinsi Kepri berkilah  bahwa pembayaran kepada pihak ketiga dan  kebijakan Pemerintah Pusat memberikan gaji ke-13 kepada ASN dan DPRD serta pembiayaan kegiatan reses yang bertambah harinya menjadi penyebab melebarnya defisit.
“Untuk mengakomodir belanja wajib dimaksud, Pemprov Kepri melakukan penyesuaian belanja dengan tetap mempertahankan alokasi fungsi pendidikan sebesar 20 persen dan kesehatan sebesar10 persen,” katanya.
Lebih lanjut disebutkannya, penyesuaian itu diambil dari belanja-belanja yang tidak terkait langsung dengan infrastruktur dasar dan pelayanan masyarakat.
Sedangkan untuk proyek multiyear Gurindam 12 yang disoroti dewan, Pemprov Kepri bersikukuh bahwa kegiatan tersebut merupakan proyek strategis yang sejalan dengan prioritas nasional. Dengan penataan ini, akan memperbaiki lingkungan yang akan menjadi objek wisata baru dan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.
“Oleh karena itu, Pemprov Kepri pada perubahan APBD tahun 2018 ini masih tetap memprioritaskan proyek multiyear tersebut,” kata Isdianto.

 (R/Pay)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel