Redaksi dan Pemasaran Telp (0812)70197866,| Email: paruliankepri@yahoo.com
» » » » PT ATB Raih Tiga Penghargaan Dari Data Govai Summit dan Awards 2018


BATAM ,Infokepri.com  – PT Adhya Tirta Batam (ATB) kembali meraih tiga penghargaan pada ajang nasional. Ke tiga penghargaan yang diraih ATB dari Data Govai Summit & Awards 2018 yang berlangsung pada 17-18 Oktober lalu di Balai Kartini Jakarta.

Perusahaan yang menjadi benchmark bagi perusahaan air di Indonesia dan dunia ini, meraih penghargaan The Best IT & Data Technology Governance untuk kategori The Best IT Data Governance dan The Best IT Data Security.

Tidak hanya itu, Presiden Direktur ATB Ir. Benny Andrianto Antonius, MM juga dinobatkan sebagai The Best CEO dalam ajang yang digelar oleh Konsorsium ABDI (Asosiasi Big Data & AI), Majalah Komite.id dan EO SingEx pte ltd ini.

“ATB dinilai layak mendapatkan sederet penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan atas keberhasilan kinerja ATB dalam melakukan transformasi digital dan mengelola big data,” ucap Asriel Hay, Direktur Keuangan ATB yang didampingi Maria Jacobus, Head of Corporate Secretary ATB dan Jamaluddin, IT & System Manager ATB saat menerima penghargaan bergengsi tersebut.

Ajang pemberian apresiasi Data Govai Summit & Awards 2018 ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Perindustrian serta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

Bersama 49 perusahaan dari 117 peserta yang ikut berpartisipasi, terdiri dari berbagai institusi serta perusahaan-perusahaan besar dalam dan luar negeri. Dari luar negeri yakni Silverlake Axis, StorDio, Rosebay, IBM dan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia yakni Microsoft. Sementara dari Indonesia diikuti oleh OJK, Pos Indonesia, BCA, BRI, Kereta Api, Lintasarta, Blibli hingga Bukalapak.

Adapun proses penjurian dilakukan melalui riset lapangan dengan melibatkan tim Dewan Juri dari Australian Securities Company, Rosebay Consulting, BSSN, UN Gov Expert Group, AsDep 7 KemenkoPolhukam, APJII, Asosiasi Cloud Computing Indonesia, ADEI, CMO Paques Analytics, MarkPlus Inc dan ICT Consultant.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara dalam sambutan pemberian penghargaan Data Govai Summit & Awards 2018 mengatakan, kegiatan ini tentunya dapat mendorong perusahaan berinovasi dengan penggunaan big data. Hal ini sangat relevan untuk memasuki industri 4.0, dimana harus terkoneksi ke teknologi dengan baik.

“Sejalan dengan tekad pemerintah untuk membangun ekosistem digital dan percepatan ekonomi dalam meningkatkan daya saing industri dimasa depan,” jelas Rudiantara.

ATB yang telah 23 tahun mengelola dan mendistribusikan air bersih untuk Pulau Batam, telah lama memiliki dan menerapkan konsep Smart Water Management System dalam seluruh aspek kinerja perusahaannya.

Mulai dari sistem produksi, distribusi, kebocoran air, pelayanan pelanggan, pengelolaan data. Begitu juga untuk interaksi dan koordinasi internal perusahaan, maupun ke pihak eksternal seluruhnya menggunakan teknologi inovatif untuk efisiensi, keakuratan dan keamanan informasi.

Tata kelola ATB dalam penanganan big data dinilai sangat luar biasa karena ATB satu-satunya perusahaan yang memiliki sistem SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition) 4.0, GIS (Geographic Information System) dan ERP (Enterprise Resource Planning) System terintegrasi yang mampu menyajikan data real time, meminimalisir resiko kesalahan informasi dan mampu meningkatkan kinerja untuk berbagai aktivitas perusahaan dalam memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

“Kemampuan ATB SCADA 4.0 dalam memasukkan Big Data Analytic dari seluruh komponen operasi yang dipadukan dengan sistem ERP tidak hanya membantu tim teknis atau operator lapangan saja, namun juga mampu memberikan insight bagi manajemen dalam mengambil keputusan bisnis dengan cepat dan tepat,” papar Asriel Hay menambahkan.

ATB SCADA System telah diakui mampu menjadi sistem percontohan bagi pengembangan sistem khususnya SCADA 4.0. Hal ini dapat mengintegrasikan dan mengatasi semua isu utama baik dalam pengembangan maupun penerapannya dalam operasional perusahaan.

Penerapan big data di ATB tidak terlepas dari tangan kreatif Ir. Benny Andrianto Antonius, MM yang mampu melakukan pengembangan SCADA terintegrasi yang dapat memberikan insight dari segi teknis hingga proses pengambilan keputusan untuk menjalankan roda bisnis sehingga eksistensi ATB diakui industri dunia.

“Kunci meraih kinerja, prestasi dan reputasi terbaik adalah ATB menjalankan strategi bisnis berbasis inovasi layanan dan teknologi dalam memberikan service excellence pada pelanggan. Konsep Smart Water Company yang diterapkan ATB baik dari segi sistem manajemen, teknologi, pembayaran hingga sumber daya manusia menjadikan ATB layak jadi acuan perusahaan lain dalam tata kelola data digital,” jelas Maria Jacobus saat ditemui di Kantor Pelayanan Pelanggan ATB Sukajadi pada, Jumat (19/10/2018).

Ajang penghargaan Data Govai Summit & Awards 2018 ini diharapkan mampu meningkatkan akselerasi implementasi dan penggunaan teknologi digital serta mendorong inovasi bidang teknologi sebagai antisipasi untuk memenuhi tren tuntutan kebutuhan industri dan ekonomi yang semakin berkembang. 

 (marcom ATB)

About Redaksi News

Info Kepri Memberitakan Dengan Akurat dan Terpercaya.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda