Gubernur Kepri Intruksikan Kadis PU Untuk Memperbaiki Tanggul Air Di Kundur - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Gubernur Kepri Intruksikan Kadis PU Untuk Memperbaiki Tanggul Air Di Kundur




KARIMUN, Infokepri.com - Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun meninjau Tanggul Air di Kawasan Pertanian Desa Teluk Radang, Kecamatan Kundur Utara, Karimun pada akhir pekan lalu.


Kunjungan itu dilakukannya saat melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di kawasan pertanian dan mendapat laporan dari warga setempat yang menyebutkan ada tangkul yang rusak.

Nurdin melakukan peninjauan ke area tanggul tersebut dengan menggunakan sepeda motor menelusuri jalan kecil sejauh kurang lebih 2 km dari kawasan pertanian untuk tiba dilokasi, bahkan sampai harus berjalan kaki dikarenakan medan jalan yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan.

Dalam peninjauannya tersebut ternyata ditemukan tidak hanya satu tapi beberapa titik tanggul yang mengalami kerusakan, bahkan ada di salah satu titik yang mana pintu penahan airnya ternyata dicuri oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Sangat disayangkan sekali, karena jika air laut pasang lalu naik ke kawasan pertanian ini maka penanaman berbagai kebutuhan pokok tidak dapat berjalan maksimal,” lanjut Nurdin.

Apalagi di dekat kawasan tanggul sendiri masih ada sekitar 100 Ha lahan yang siap digarap menjadi kawasan pertanian baru, keberadaan Tanggul Penahan air laut tersebut sangat dibutuhkan mengingat kawasan pertanian berdekatan langsung ke laut.

“Harus cepat dieksekusi, jika terbengkalai seperti ini terus maka produksi pertanian bisa terhambat. Kita tidak ingin stok pangan bagi masyarakat menjadi tidak stabil,” ujar Nurdin kepada Kepala Dinas PU Provinsi Kepri saat Meninjau Tanggul Air tersebut.

Ia menyebutkan bahwa pangan adalah kebutuhan dasar bagi masyarakat yang harus terpenuhi dan tetap terjaga keberadaannya. 

Kondisi geografis Kepulauan Riau yang sebagian besar adalah laut tidak menjadi sebuah halangan untuk berinovasi membangun kawasan pertanian.

Semangat Nurdin untuk menyelesaikan persoalan ini sendiri mengingat keseriusan sejumlah kelompok tani di Kundur yang begitu semangat dalam bekerja, apalagi kawasan pertanian di Kundur sudah mulai menampakan hasil yang signifikan. Namun beberapa kendala memang kerap terjadi dalam pelaksanaanya. Pemerintah Provinsi terus berupaya untuk bersama membantu menyelesaikan masalah yang terjadi di lapangan.

Gubernur Kepri dengan tegas mengatakan akan menginstruksikan Kadis PU untuk menyelesaikan persoalan Tanggul tersebut.

“Jangan sampai patah semangat para petani, kita terus mengupayakan memberikan laluan dan bantuan untuk mereka karena pekerjaan mereka juga sangat dibutuhkan masyarakat,” tutup Nurdin. 


(Hms/Ald/Nal)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel