KRI Surik -645 Terpilih Sebagai KRI Terbaik Di Jajaran Satkat Koarmada I - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

KRI Surik -645 Terpilih Sebagai KRI Terbaik Di Jajaran Satkat Koarmada I


TANJUNGPPINANG, Infokepri.com
- Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Surik-645 yang dikomandani Mayor Laut (P) Thomas A. Dhamang S., S.E., terpilih sebagai KRI terbaik dalam bidang keamanan laut mengalahkan sepuluh KRI lainnya yang berada di jajaran Satuan Kapal Cepat (Satkat) Komando Armada I (Koarmada I).

Penghargaan terbaik tersebut diperoleh setelah melewati penilaian dari tiga aspek diantaranya :
  • Aspek operasi meliputi bagaimana proses Pengejaran, Penangkapan, dan Penyelidikan (Jarkaplid), efisiensi operasi (EOPS), serta jam layar.
  • Aspek material menyangkut kesiapan teknis KRI dalam menjalankan operasi.
  • Aspek personel berkaitan dengan kesiapan, keterampilan, serta profesionalisme prajurit dalam menjalankan tugas kedinasan pengawalan KRI.
Selain tiga aspek tersebut hal lain yang menentukan terpilihnya KRI Surik-645 juga menyangkut kebersihan, kerapian dan pemeliharaan serta perawatan KRI versi Satkat Koarmada I.

KRI Surik-645 merupakan salah satu KRI yang termasuk dalam jenis Kapal Cepat Rudal (KCR) produksi dalam negeri yang dimiliki Satkat Koarmada I. Kapal dengan panjang 45,6 meter dan lebar 7,4 meter memiliki kecepatan maksimum 28 knots dan kecepatan jelajah 20 knots.

Kapal yang dilengkapi dengan meriam 20 mm dan 12,7 mm tersebut mampu mengangkut personel sebanyak 38 orang.

 

Penghargaan sebagai KRI terbaik berupa bendera yang bertuliskan “Militan, Berani, Profesional” diserahkan Komandan Satkat Koarmada I Kolonel Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro kepada Komandan KRI Surik-645 Mayor Laut (P) Thomas A. Dhamang S., S.E.,

Ditengah-tengah pelaksanaan kegiatan family gathering yang berlangsung di Lagoi Bay Beach,Selasa (8/1/2019). Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan moral dan semangat prajurit Satkat Koarmada I agar lebih berprestasi dalam melaksanakan tugas yang diembannya, diikuti seluruh unsur-unsur KRI Satkat Koarmada I yang sandar di Dermaga, Tanjung Uban.

Komandan Satuan Kapal Cepat Kolonel Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro pada kesempatan tersebut menyampaikan selamat serta rasa bangga kepada seluruh Prajurit KRI Surik-645 dan terus meningkatkan kesiapan dan kesiagaan operasi serta menjadi motivasi KRI yang lain guna mendapat prestasi dilain bidang.

Sementara itu, Komandan KRI Surik 645 Mayor Laut (P) Thomas A. Dhamang S, S.E menyampaikan rasa bangganya kepada seluruh anak buahnya atas jerih payah dan kerja keras yang telah membuahkan prestasi dan menjadi salah satu KRI terbaik bidang Kamla versi Satkat Koarmada I tahun 2018.

KCR ini merupakan kapal yang berpengalaman dalam operasi pengamanan perbatasan baik yang diselenggarakan Guspurla maupun Guskamla Koarmada I dalam rangka  mencegah terjadinya pelanggaran di perairan Indonesia. (Penlantamal IV/AP).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel