Redaksi dan Pemasaran Telp (0812)70197866,| Email: paruliankepri@yahoo.com
» » » BPBD Asahan Sosialisasikan Sadar Bencana Terhadap Kaum Perempuan



ASAHAN, Infokepri.com - Dalam rangka meningkatkan kesiapan siagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. BPBD Kabupaten Asahan telah melakukan sosialisasi sadar bencana kepada masyarakat Desa Tanah Rakyat, Kecamatan Pulau Bandring, Asahan.

Kepala BPBD Kabupaten Asahan dalam siaran persnya kepada awak media, Rabu (27/3/2019) yang disampaikan oleh Kadis Kominfo Kabupaten Asahan, Rahmat Hidayat Siregar mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dilakukan di dua Desa, yaitu Desa Tanah Rakyat, Kecamatan Pulau Bandring dan Desa Prapat Janji, Kecamatan Buntu Pane yang dimulai pada  tanggal 26  dan tanggal 28 Maret 2019.

"Kegiatan sosialisasi sadar bencana ini dikhususkan bagi organisasi wanita ataupun kaum perempuan yang berada disetiap desa, "katanya.

Rahmat juga menyampaikan, sosialisasi sadar bencana untuk lebih meningkatkan kesiapsiagaan kaum perempuan dalam menghadapi bencana, karena kaum perempuan pada umumnya yang berada didalam rumah.

"Sepanjang hari sebagian besar adalah kaum perempuan, anak- anak dan lansia yang pada umumnya didalam rumah, sehingga yang terlebih dahulu mengetahui setiap terjadinya bencana adalah kaum perempuan, "katanya.

Masih kata Rahmat, secara naluriah. Kaum perempuan cenderung lebih mengutamakan keselamatan anak-anaknya dari pada dirinya sendiri.

"Menurut penelitian bahwa 60 – 70 persen yang menjadi korban bencana adalah kaum perempuan, anak-anak dan lansia, "ungkapnya.

Karena itu kata Rahmat Hidayat Siregar, perlu menyadari kenyataan sudah selayaknya pemahaman, pengetahuan dan keterampilan kaum perempuan lebih ditingkatkan dan diharapkan kesiap siagaan kaum perempuan bisa lebih meningkat dalam menghadapi bencana, sehingga resiko bencana dapat diminimalisir, "ujarnya.

"Diharapkan sosialisasi ini sejalan dengan program penanggulangan bencana pemerintah secara nasional untuk mewujudkan “Perempuan menjadi guru siaga bencana dan rumah menjadi sekolahnya".

Acara sosialisasi tersebut dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Asahan dan dihadiri Camat, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Kepala Desa serta narasumber diisi oleh Staf BPBD Asahan Khaidir Sinaga, Buwono Prawana, fasilitator PB Daerah dan Mahendra Sitorus dari fasilitator bidang kesehatan. (GUS)

About Realitasnews.com

Info Kepri Memberitakan Dengan Akurat dan Terpercaya.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda