Redaksi dan Pemasaran Telp (0812)70197866,| Email: paruliankepri@yahoo.com
» » » » Diduga Karena Puntung Rokok, Hutan Lindung Di Tiban V Sekupang Terbakar


BATAM, Infokepri.com
– Hampir dua hektar hutan lindung di Tiban V, Sekupang, Batam  hangus dilalap sijago merah, Selasa, (12/3/2019).
 
Keringnya dedaunan akibat kemarau dan kencangnya angin membuat api cepat membesar. Beruntung petugas pemadam kebakaran Badan Pengusahaan (BP) Batam cepat turun ke lokasi untuk memadam api sehingga api tidak sempat menjalar ke lokasi pemukiman warga di Tiban V, Sekupang, Batam.
Komandan Regu (Danru) Pemadam Kebakaran Badan Pengusahaan (BP) Batam, Herlan mengatakan mereka mengetahui kebakaran itu dari laporan masyarakat yang mereka terima sekitar pukul 13:30 WIB.

“ Begitu mendapat informasi ada kebakaran hutan, Tim kami langsung meluncur ke lokasi kebaran. Saat tiba di lokasi kita mendapati kobakaran api yang cukup besar dan cepat meluas, namun bisa dikendalikan beberapa jam kemudian," terangnya.

Lebih lanjut disebutkannya untuk memadamkan api tersebut pihaknya menurunkan 5 orang dan 1 unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar), serta dibantu petugas pemadam kebakaran dari Pemerintah Kota Batam.

"Belum diketahui sumber api berasal dari mana namun dugaan sementara pemicu kebakaran ini adalah dari puntung rokok, dengan luas hutan yang terbakar kurang lebih mencapai 2 hektar dan hampir menjalar ke pemukiman warga (rumah liar)," ungkapnya.

Ia menyebutkan mereka sempat kesulitan memadamkan kobakaran api lantaran hutan tersebut banyak ditumbuhi semak belukar dan pohon kering (mati).

"Kita berharap dimusim panas ini, masyarakat berhati-hati dan jangan sembarangan membuang puntung rokok, ataupun membuang/membakar sampah yang berdekatan dengan hutan. Jika terjadi kebakaran segera buat laporan, karena kita siaga 24 jam," pungkas Danru Damkar BP Batam. (AP)

About Redaksi News

Info Kepri Memberitakan Dengan Akurat dan Terpercaya.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda