Gubernur Kepri Menutup Pelaksanaan STQH Ke VIII Tingkat Provinsi Kepri - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Gubernur Kepri Menutup Pelaksanaan STQH Ke VIII Tingkat Provinsi Kepri



BINTAN, Infokepri.com
– Gubernur Kepri, Nurdin Basirun didampingi Wakil Gubernur Kepri, Isdianto bersama Sekda Kepri TS. Arif Fadillah dan wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam menutup pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) Ke VIII Tingkat Kepri yang dilaksanakan di Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau pada Rabu (01/05/2019) malam.

Pelaksanaan STQH ke VIII tingkat provinsi Kepri ini digelar selama 6 hari dan penutupannya juga dihadiri para Bupati/Walikota se Kepri, Kakanwil Kemenag Kepri, dan sejumlah undangan lainnya.

Dewan Hakim mengumumkan juara terbaik STQH VIII Provinsi Kepri. Untuk juara pertama diraih kembali oleh Kabupaten Karimun dengan perolehan nilai tertinggi, disusul oleh Kabupaten Lingga sebagai terbaik II dan Kota Tanjungpinang sebagai terbaik III.

Dewan Hakim menyebutkan bahwa peserta terbaik dari STQ ini tidak mutlak mewakili provinsi Kepri untuk tingkat Nasional dan akan dilakukan pelatihan dan diseleksi kembali nantinya.

Untuk lomba Stand Bazar terbaik pada STQH ke VIII tingkat provinsi Kepri ini adalah : .
Juara I adalah Kabupaten Bintan, Juara II adalah Kabupaten Lingga dan juara III diraih kota Tanjungpinang.
 
Sedangkan untuk pemenang Qasidah Rebana yakni Lingga sebagai terbaik I, Karimun terbaik II dan diikuti Kepulauan Anambas sebagai terbaik III.

Untuk peserta terbaik Pawai Ta’aruf pada  STQH ke VIII tingkat Provinsi Kepri adalah untuk terbaik I diraih oleh Kabupaten Bintan, terbaik II diraih oleh kabupaten Karimun dan terbaik ke III diraih oleh Kota Tanjungpinang.

Wakil Bupati Lingga, M Nizar mengatakan merasa bangga lantaran prestasi kabupaten Lingga pada STQH kali melebih dari yang ditargetkan.

“ Kafilah Kabupaten Lingga mampu membuktikan prestasinya kami memberi apresiasi semoga terus berlatih dan mengukir prestasi lebih tinggi lagi,” katanya.


Sementara itu, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengucapkan selamat kepada Kafilah yang telah berprestasi dan bagi yang belum juara diharapkan tidak putus asa dan belajar terus agar pada STQH berikutnya dapat meraih juara. 

Ia menyebutkan bahwa pelaksanaan STQH adalah energi positif yang harus kita ambil hikmahnya dan pelaksanaan STQH ini bukanlah suatu kerja yang mubazir, tetapi untuk membangun kerja sama dan mendapatkan energi-energi yang positif dalam provinsi Kepulauan Riau ini.

“Selamat kepada pemenang, terus tingkatkan kemampuan dan jangan sombong dengan kemenangan ini. Bagi yang belum berhasil, terus belajar agar pada tahu depan bisa menjadi juara,”katanya.

Ia mengatakan bahwa sebentar lagi kita akan bertemu kepada bulan yang dimuliakan Allah yakni bulan suci Ramadhan dan Alhamdulillah Allah kabulkan doa-doa kita, agar bisa bertemu dengan bulan yang indah itu.

“ Saya mengharapkan  semoga dengan telah usainya kegiatan STQH yang juga bersempena menyambut bulan suci Ramadhan nanti, Hablum Minallah dan Hablum Minannas mampu terus dijaga,” katanya.

Lebih lanjut Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun mengatakan bahwa 15 ribu guru ngaji akan diberi insentif pada tahun ini, demikian pula 400 imam masjid akan diberi insentif.

“Pemerintah daerah bersama DPRD sudah sepakat akan memberikan insentif  tersebut,” kata Gubernur.

Sementara itu, Wakil Bupati Bintan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pemerintah dan masyarakat se-Provinsi Kepri yang telah ikut menyukseskan kegiatan tersebut.

“Terimakasih atas semua dukungan dan partisipasi kafilah dari seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau dan seluruh masyarakat, berkat dukungan semualah acara ini bisa berlangsung sesuai dengan harapan kita semua,” kata Wakil Bupati Bintan.

Pelaksanaan STQH Ke VIII tingkat provinsi Kepri ini, katanya, telah mengundang hakim yang sudah berada pada tingkat Nasional, dan mereka yakin ini adalah penilaian yang cukup objektif  tanpa pilih kasih.

Sekda Kepri, TS. Arif Fadillah yang juga merupakan Ketua Pelaksana mengatakan  LPTQ Kepri sudah menghasilkan sejumlah rekomendasi antara lain pelaksanaan MTQ Kepri Tahun 2020 akan dilaksanakan di Tanjungpinang.

Dalam pelaksanaannya nanti akan menggunakan sistem informasi dalam penilaian elektronik. LPTQ Kepri juga akan terus melakukan peningkatan kualitas qori dan qoriah sehingga semakin siap hadapi STQ Nasional.

Ia mengatakan sangat bersyukur lantaran kegiatan tersebut berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan.

“Syukur Alhamdulillah kegiatan STQH ini telah kita laksanakan, dan berjalan sesuai dengan apa yang kita rencanakan tanpa ada kendala-kendala yang berarti dan STQ ini tidak akan berjalan dengan baik dan lancar tanpa restu Allah SWT, ” tuturnya.

Ia berharap dengan dilaksanakan STQH ini dapat memberikan kesan indah kepada seluruh kafilah untuk dibawa pulang.

Dipenghujung acara penutupan STQH ini dimeriahkan dengan tarian kolosal Ziarah Bukit Batu yang sangat memukau masyarakat yang hadir dan dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada para peserta pemenang STQH.
 
(IK/ Syaf)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel