Kementerian Agama Batam Akan Evaluasi dan Menambah Pelayanan Kepada Masyarakat - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Kementerian Agama Batam Akan Evaluasi dan Menambah Pelayanan Kepada Masyarakat


BATAM, Infokepri.com
- Kementerian Agama Batam sudah menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kemenag Batam dalam memberikan  layanan dan sudah berlangsung selama 2 tahun.

Kasubag TU Kemenag Batam, Magdalena Silfia kepada sejumlah awak media, Selasa (07/05/2019) mengatakan diawal penerapan PTSP itu ada 18 layanan yang diberikan yaitu pendaftaran majelis taklim,sertifikat arah kiblat, pendaftaran nikah melalui dalam jaringan, surat keterangan penyesuaian data buku nikah dan surat keterangan masjid terdaftar.

Kemudian, katanya, rekomendasi izin belajar luar negeri,rekomendasi izin belajar dalam negeri, keterangan pindah rayon pondok pesantren, keterangan pindah rayon madrasah, rekomendasi pendaftaran yayasan keagamaan Buddha dan rekomendasi pembukaan rekening lembaga/yayasan.

Serta persyaratan pendirian dan pengesahan travel umroh, percepatan/penggabungan keberangkatan haji,pembatalan haji,tunda keberangkatan haji,mutasi keberangkatan haji, pembatalan haji, pendaftaran haji, rekomendasi pasport umroh dan haji khusus.

Semua layanan yang diberikan itu tidak lain untuk memberikan kemudahan,kepastian,transparansi,memperpendek rentang waktu dan menghindari dari birokrasi yang terlalu panjang.

“ Pelayanan itu adalah kunci kepuasan masyarakat. Kalau bisa dipermudah kenapa dipersulit,kalau bisa dipercepat kenapa harus diperlambat,” katanya.

Dalam PTSP,Kementerian Agama Kota Batam memiliki motto pelayanan yaitu HARMONI (Humanis,  Amanah,Ramah,Mudah,Optimal,Nyaman dan Ikhlas).

Humanis artinya melayani masyarakat dengan baik dan menempatkan pelayanan secara sama tanpa membeda-bedakan satu sama lain. Apakah yang berurusan masyarakat biasa ataupun orang-orang tertentu. Amanah artinya melayani dengan penuh amanah,karena mengurus masyarakat itu adalah suatu kehormatan dan ibadah.

Ramah artinya melayani dengan penuh senyum,ramah karena itu adalah bagian dari ibadah dan sodaqoh. Mudah artinya melayani dengan cepat,tidak berlama-lama sesuai ketentuan yang berlaku.

Optimal artinya melayani dengan tuntas. Nyaman artinya memberikan rasa nyaman,tentram kepada masyarakat selama berurusan seperti menyiapkan ruang tunggu yang representative. Ikhlas artinya pelayanan yang diberikan cuma-cuma,gratis,ikhlas dan tidak ada biaya.

Kemenag Batam memberikan layanan di PTSP mulai dari pagi masuk kantor sampai jam pulang kerja termasuk pada jam istirahat. Di jam istirahat,layanan tetap diberikan,ada petugas  yang berjaga.

Intinya masyarakat bisa berurusan di PTSP setiap hari kerja mulai jam 8.00 WIB – 16.00 WIB, kecuali di hari Jumat sampai jam 16.30 WI.  Khusus di bulan ramadhan pelayanan di buka jam 8.00 WIB  – 15.00 WIB, kecuali di hari jumat sampai jam 15.30 WIB. Kedepan akan ada evaluasi dan penambahan pelayanan untuk memudahkan dan membantu masyarakat dan pegawai.
(Ril/AP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel