Komisi I DPRD Kepri Kunjungi Detasemen TNI AU Bandara Hang Nadim - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Komisi I DPRD Kepri Kunjungi Detasemen TNI AU Bandara Hang Nadim



BATAM, Infokepri.com
- Detasemen TNI AU bandara Hang Nadim  merupakan  salah satu kegiatan lepas landas dan pendaratan pesawat udara guna keperluan pertahanan negara oleh  Angkatan Udara.

Komisi I yang membidangi pemerintahan, aparatur dan hukum ini mencari solusi detasemen TNI AU bandara  Hang Nadim Batam ini bisa naik grade nya dari tipe D ke tipe C, Batam (2/5/2019).

Detasemen ini dibawahi  langsung oleh Lanud Tanjungpinang. Yang mana pada tahun ini rencananya detasemen akan menjadi statusnya menjadi tipe C dan secepat nya juga bisa menyesuaikan menjadi tipe B.

Karena dengan naiknya tipe ini akan menjadikan pertahanan udara  wilayahnya Kepri khusus nya Batam menjadi bertambah kuat.

Wakil Ketua komisi I DPRD Kepri Taba Iskandar mengatakan pengajuan tipe ini saya bilang agak terlambat karena di Batam ini lintas udaranya sangatlah padat.
 
"Apalagi kita berbatasan langsung dengan negara tetangga. Jadi kita tidak harus  jauh meminta bantuan dari Kalimantan atau Pekanbaru yang yang memakan perjalanan yang agak lama," harapnya.

 

Dia juga menyinggung soal Mako TNI AU yang lagi dibangun di Nongsa Batam. Karena jarak antara Mako TNI AU yang ada di Nongsa dengan detasemen TNI AU bandara Hang Nadim memakan waktu sekitar 9 menit itupun kalau tidak macet. Sangat menyayangkan kalau terjadi hal hal darurat yang menghambat kelancaran dalam kinerja TNI AU.

Sementara ditempat yang sama sekretaris Komisi I  DPRD kepulauan Riau, Sukhri Farial sangat miris melihat detasemen TNI AU  bandara Hang Nadim yang dari dulu belum ada renovasi tempat sama sekali.

"Dari pertama di bangun sampai sekarang pun kayaknya begini terus dan masih pinjam tempat sama BP Batam ini juga harus menjadi perhatian semua, karena TNI AU merupakan pertahanan negara kita," miris kata Sukhri.

Menanggapi hal ini Kadispers Lanud  RHF Tanjungpinang,  Letkol Adm Dimas mengatakan karena banyaknya birokrasi. Maka kami akan terus berkoordinasi dengan DPRD Kepri, pihak bandara dan BP Batam serta instansi terkait. Dan akan terus mencari solusi serta menyurati BP Batam agar mendapatkan lahan di bandara untuk base camp  lepas landas pesawat tempur TNI AU sehingga kinerja TNI AU menjadi cepat dan mudah, harapnya.

Dalam kunjungan ini komisi I DPRD Kepri, bersama pihak bandara Hang Nadim juga menyempatkan untuk meninjau pembangunan Mako TNI AU di Nongsa, Batam.

Dalam kunjungan kerja ini hadir pimpinan komisi I berserta anggota.

(Ril/Pay)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel