Pemkab Labuhanbatu Serahkan Bantuan Untuk Membangun Rumah Korban Kebakaran Warga Sei Berombang - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Pemkab Labuhanbatu Serahkan Bantuan Untuk Membangun Rumah Korban Kebakaran Warga Sei Berombang


LABUHANBATU, Infokepri.com  –  Plt Bupati Kabupaten Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, bersama Tim Komando Tanggap Darurat Bencana Kabupaten Labuhanbatu, melakukan Kebijakan, Strategi dan Sasaran dalam rangka rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana kebakaran di Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu. Kamis, (13/6/2019).

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu, Ahmad Muflih,S.H.,M.M yang juga selaku Komando Tanggab Darurat Bencana Kabupaten Labuhanbatu (Ex.Officio BPBD), Para Staf Ahli Bupati Labuhanbatu, Para Asisten Sekdakab Labuhanbatu, Para Kepala OPD/Staf Terkait, Para Kabag Setdakab Labuhanbatu, Camat Panai Tengah, Unsur Muspika Kecamatan Panai Hilir, Kasat Pol Air Sei Berombang, Kwarcab Pramuka 05 Kabupaten Labuhanbatu, Pengurus Lions Club Rantauprapat, Jurnalistik Labuhanbatu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda Kecamatan Panai Hilir, Para Korban Bencana Kebakaran, Pengurus Vihara Budha Shanty Sei Berombang Kec. Panai Hilir dan Tim Protokoler Setdakab Labuhanbatu.
 
Dalam rangkaian pemulihan sasaran yang diakibatkan bencana kebakaran dimaksud, Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu dibawah kendali Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T.,M.T dan didukung penuh oleh Sekretaris Daerah, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekdakab dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Labuhanbatu , Para Kabag Setdkab Labuhanbatu dan Pejabat dilingkungan Pemkab Labuhabbatu.
 
Para stakeholder serta komponen masyarakat, pada hari ini Kamis, 13 Juni 2019 kembali menyalurkan bantuan kepada masyarakat Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir yang terkena bencana kebakaran berupa bantuan dana sebesar Rp. 277.000.000,- yang diperoleh antara lain dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu sebesar Rp. 180.000.000,- , dengan rincian Rp.150.000.000,- dibagi kesasaran pengadaan material bahan bangunan untuk 30 Rumah warga yang terbakar hangus masing-masing sebesar Rp. 5.000.000,-/Rumah dan sebesar Rp. 30.000.000,- diberikan kepada sasaran yaitu ahli waris/keluarga dari 4 orang warga yang meninggal dunia akibat kebakaran, masing-masing Rp. 7.500.000.-.
 
Kemudian, diperoleh bantuan sukarela dari Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemkab Labuhanbatu sebesar Rp. 30.000.000,-, Bantuan dari PT. Bank Sumut Cabang Rantauprapat sebesar Rp. 10.000.000,- dan Bantuan dari Lions Club Rantauprapat sebesar Rp. 7.000.000,- diserahkan kepada sasaran 45 KK korban bencana kebakaran. Sedangkan bantuan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu sebesar Rp. 50.000.000,- diberikan kepada sasaran 26 Orang anak dari 45 KK korban kebakaran yang masih duduk dibangku sekolah SD, SMP dan SMA, masing-masing menerima Rp. 500.000,- s/d Rp. 3.000.000,- (berpariasi sesuai tingkatan sekolah).
 
Sedangkan bantuan dari Pihak Bank BRI Rantauprapat menyerahkan bantuan dalam bentuk bahan pangan yaitu beras 50 Goni, Gula Putih 50 Bungkus, Minyak Goreng 50 Bungkus, Mie Instan 50 Kotak dan Bantuan 800 Kg beras dari Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BPMD) Kabupaten Labuhanbatu diserahkan kepada sasaran 45 KK korban bencana kebakaran.
 
Khusus bantuan untuk rekonstruksi pembangunan kembali 33 Unit rumah tempat tinggal 45 KK atau 158 Jiwa dimaksud, selain bantuan dari Pemkab Labuhanbatu sebesar Rp.150.000.000,-, juga diberikan fasilitas kemudahan bagi 45 KK korban kebakaran untuk mengajukan pinjaman kredit dalam bentuk bantuan modal usaha kepada PT. Bank Sumut Cabang Rantauprapat dan Bank BRI Rantauprapat sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan oleh Bank masing-masing.
 
Kemudian, Pihak Bank BRI menyatakan bagi korban bencana kebakaran Sei Berombang yang memiliki kredit pada Bank BRI secara otomatis dinyatakan lunas dan dipersilahkan untuk mengurus pengembalian agunan pada Bank BRI terdekat.
 
Dalam kesempatan itu Plt. Bupati Labuhanbatu mengatakan akan mengratiskan dalam pengurusan izin usaha dan menjamin percepatan urusan administratif yang diperlukan warga korban bencana kebakaran Sei Berombang seperti pengurusan kembali Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Izajah dan surat-surat berharga lainnya yang turut terbakar. Para OPD terkait dipastikan akan merespon hal itu dengan sebaik-baiknya.
 
Sementara itu Plt Camat Panai Hilir, Hadmansyah dan Perwakilan Warga Korban Kebakaran Sei Berombang, mengucapkan terimakasih dan rasa hormat kepada Plt.Bupati Labuhanbatu beserta jajaran yang secara langsung turun membantu dan melindungi masyarakatnya sehingga rasa nyaman dan ketenangan jiwa korban bencana kebakaran, tumbuh dan semangat kembali menapak masa depan yang lebik baik lagi.
 
(Red/Bon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel