Peringati Hari Lahir Pancasila, Plt Bupati Asahan Ajak Komitmen Jaga Ideologi Pancasila - Info Kepri

about

about

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

Peringati Hari Lahir Pancasila, Plt Bupati Asahan Ajak Komitmen Jaga Ideologi Pancasila

Share it:

ASAHAN, Infokepri.com - Memperingati Hari Lahir Pancasila, Pemkab Asahan menggelar upacara yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Asahan yang dihadiri Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Asahan, Sabtu (1/6/2019).

Plt Bupati Asahan Surya Bsc bertindak langsung sebagai inspektur upacara yang dihadiri Dandim 0208/As Letkol Inf Sri Marantika Beruh, Kapolres Asahan Faisal Florentinus Napitupulu dan Pejabat Pemkab Asahan.

Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono dalam pidatonya yang dibacakan Plt Bupati Asahan Surya Bsc menyampaikan, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digalih oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugrah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Lanjut Surya Bsc dalam pidatonya mengatakan, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus diperjuangkan. Keberagaman  kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek Antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Masih dalam pidatonya, Surya Bsc menyampaikan, berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhineka Tunggal Ika.

"Sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang oleh Bung Karno pernah sebut "Jas Merah" untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara, itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (nasional pride), "katanya.

Selanjutnya Surya Bsc mengatakan, hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan Piagam Jakarta oleh panitia kecil tangggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh panitia persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 8 Agustus 1945. Jadi 3 peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Untuk itu, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi, "katanya.

Kesempatan itu juga Plt Bupati Asahan Surya Bsc menyerahkan penali kasih dan bantuan kepada PNS dilingkungan Pemkab Asahan yang pensiun pada tahun 2019. (GUS)

Share it:

Asahan

Sumut

Post A Comment:

0 comments: