Warga Protes Pengerasan Jalan Aren Desa Sei Halim Hasak, Kades : Secepatnya Akan Dilakukan Perbaikan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Warga Protes Pengerasan Jalan Aren Desa Sei Halim Hasak, Kades : Secepatnya Akan Dilakukan Perbaikan



ASAHAN, Infokepri.com
- Pengerasan jalan yang terletak di jalan Aren Dusun V Desa Sei Halim Hassak dengan volume kegiatan lebar 3 meter dengan panjang 415 meter menuai protes dari warga setempat. Selain dituding asal jadi, kegiatan dengan sumber dana dari Dana Desa tahun 2019 tersebut diduga dikerjakan tidak sesuai bestek.

Informasi dihimpun awak media, pengerasan yang menelan anggaran Rp. 185.575.000,-  yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2019 diduga dikerjakan asal jadi itu mandapat protes dari masyarakat dusun V, jalan Aren, Desa Sei Halim Hasak yang dibubuhkan dalam surat pernyataan warga dusun V jalan Aren, pada hari Jumat 12 Juli 2019 lalu yang ditanda tangani oleh P Marbun, S Pangaribuan, Daniel, dan 22 orang lainnya.

"Kami menolak keras pengerjaan pengerasan jalan karena jumlah meternya tidak tetap dengan yang pertama  ditulis di Plank panjang 425 meter dari Dana Desa (DD) Rp. 185.575.000, setelah diukur kembali oleh pihak TPK desa, maka jalan tersebut panjangnya 415 meter namun saat di ukur kembali oleh warga panjangnya sekitar 408 meter dengan anggaran tetap Rp. 185.575.000, "kata mereka.

Untuk itu, masyarakat menduga pihak Kepala Desa dan TPK Desa Sei Halim Hasak bermain dengan anggaran pengerasan jalan yang terletak di jalan Aren, dusun V, "kata warga yang tertuang dalam surat pernyataan.

Amatan awak media, Jumat 19 Juli 2019. Kondisi pengerasan Jalan Aren Dusun V tersebut diduga minim penggunaan storm wals sehingga kegiatan perkerasan dengan menggunakan material padas dan petron di badan jalan terlihat menonjol dan permukaan tidak rata. Penggunaan tanah putih atau lapisan akhir dari perkerasan tidak terlihat sehingga ada dugaan kegiatan tersebut dikerjakan asal jadi. 

Sementara itu Kepala Desa Sei Halim Hassak Muhammad Arifin ketika dikonfirmasi Jumat lalu, mengatakan sedang melakukan upaya perbaikan untuk menimbun jalan yang tidak rata, terkait dengan plang kegiatan terjadi kesalahan cetak dan sudah diperbaiki.

"Volume jalan dibangun sesuai dengan bestek 415 x 3 meter, namun karena jalan melewati perlintasan kereta api maka volumenya ditambahkan ke ujung jalan yang sama dengan lebar 6 meter sehingga tidak mengurangi volume kegiatan secara menyeluruh, "ungkapnya.

Selanjutnya katanya, apa yang menjadi protes warga dusun V terkait pengerasan di jalan Aren secepatnya akan dilakukan perbaikan tanpa mengurangi volume kegiatan sesuai yang ada di Bestek, "ujar M Arifin menambahkan. (GUS)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel