DKPP Batam Sudah Mengecek 13.138 Ekor Hewan Kurban Dari 26 Tempat Penjualan Hewan Kurban - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

DKPP Batam Sudah Mengecek 13.138 Ekor Hewan Kurban Dari 26 Tempat Penjualan Hewan Kurban



BATAM, Infokepri.com – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H Tahun 2019, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Batam sejak pekan lalu telah turun ke 26 titik penjualan hewan kurban untuk memeriksa hewan-hewan yang akan dikurbankan seperti lembu dan kambing.

“ Selain di Temiang, kami sudah turun ke 26 tempat penjualan hewan kurban untuk memeriksa kesehatan lembu dan sapi yang akan dikurbankan pada hari Raya Idul Adha 1440 H ini,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Batam, Mardanis saat ditemui sejumlah awak media di kantor DKPP, Sekupang, Batam. Jum'at, (02/08/2019)

Ia menyebutkan  ada sekitar  13.138 ekor hewan kurban yang sudah dicek kondisi antemortemnya. Untuk di lokasi penjualan Temiang sebanyak 1.659 sapi dan 7.666 ekor kambing.
Sedangkan di luar itu, atau yang dijual di pinggir jalan dan fasilitas umum lainnya, terdapat 1.074 sapi dan 2.729 kambing.

Ia mengatakan hewan ternak yang masuk ke Batam ini umumnya dari Lampung, Jawa, dan Bali. Untuk sapi banyak dari Bali. Sedangkan kambing dari Lampung.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kondisi hewan ternak untuk kurban ini umumnya baik. Hanya beberapa ekor yang tidak sehat akibat perjalanan jauh. Namun jenis penyakit yang diderita bersifat ringan dan biasanya akan sembuh dalam 3-4 hari.

Ada juga yang patah kaki. Kami larang untuk diperjual belikan. Dan dari informasi, kemarin sudah mereka potong jadinya.

Selain pemeriksaan kesehatan hewan dalam kondisi hidup, DKPP juga akan turun saat penyembelihan nanti. Rencananya tim akan turun bekerja sama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Provinsi Kepulauan Riau dan Balai Karantina Pertanian Batam, totalnya ada delapan petugas yang akan turun saat Hari Raya Idul Adha nanti.

“Kita random saja pengecekan postmortemnya. Kita ambil sampel di beberapa tempat penyembelihan hewan kurban,” katanya.

(MC/AP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel