Pemkab Sergai Bersama Poldasu Menyelenggarakan Sosialisasi Satgas Saber Pungli - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Pemkab Sergai Bersama Poldasu Menyelenggarakan Sosialisasi Satgas Saber Pungli


SERGAI, Infokepri.com  – Pemerintah dalam peranannya sebagai public service dituntut untuk mempercepat akselerasi pelayanan pada publik. Sebagaimana telah ditetapkannya Perpres RI Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang bertindak sebagai payung hukum pembentukan Tim Saber Pungli menjadi momentum yang penting dalam upaya mendorong pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi (clean government) untuk memberantas tindakan pungli yang semakin marak saat ini.

Dalam memperkuat semangat dalam menjalankan program pencegahan korupsi terintegrasi, pemberantasan pungli dan pengendalian grativikasi sosialisasi Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggandeng Poldasu menyelenggarakan Sosialisasi Satgas Saber Pungli, kata Plh Bupati Sergai, Plh Bupati Sergai H Darma Wijay disela-sela acara yang dilangsungkan, di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (28/8/2019).

Sosialisasi tersebut dihadiri juga oleh Plh. Bupati Sergai H Darma Wijaya SE, Irwasda Poldasu Kombes Pol. Eko Kristianto, S.Ik, M.Si, Wadir Binmas Poldasu Drs. Parluatan Siregar SH, Kapolres Sergai AKBP H. Juliarman Eka Putra Pasaribu, Wakapolres Sergai Kompol Gunawan Heri Sudarto, Sekdakab Drs. H. Hadi Winarno dan diikuti oleh Kepala OPD, pejabat eselon III di lingkungan Pemkab Sergai serta para Kepala Desa serta jajaran personil Polres Sergai.

Lebih lanjut disampaikan Darma Wijaya bahwa sosialisasi ini merupakan perdana secara khusus diperuntukkan Kepala Desa sebagai peserta aparat pemerintahan yang paling berwenang dalam pengelolaan pemerintahan dan keuangan.

Hal ini karena dana desa dinilai cukup beresiko dengan melakukan pungli baik secara sengaja dan tidak sengaja.

Aparatur kepala desa perlu diberi pembekalan pemahaman tentang apa saja yang mempunyai resiko pungli. Untuk pencegahan, sosialisasi harus terus dilakukan khususnya yang memiliko resiko pungli.

Selanjutnya disampaikan oleh Plh Bupati Sergai Darma Wijaya bahwa Keberadaan Tim Saber Pungli sebagai langkah kongkrit membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang baik, sebab tanpa disadari pungli muncul dari kebiasaan yang dianggap lumrah dan wajar oleh masyarakat, seperti meminta uang kepada masyarakat sebagai imbal jasa sebuah pelayanan.

Oleh karena itu adanya Tim Saber Pungli menjadikan perubahan kebiasaan yang lama yang tidak baik aparat pemerintahan sehingga melakukan pelayanan sesuai aturan yang ada. Mulai dari setiap bidang urusan pelayanan publik seperti urusan KTP, urusan sertikat, administrasi kantor, lalu bidang pendidikan, bidang kesehatan, katanya.

Dalam forum tersebut Darma Wijaya mengingatkan kepada seluruh jajaran OPD maupun aparat pemerintahan desa agar dapat berhati-hati tidak memandang pungli soal besar kecilnya, bukan masalah sepuluh atau seratus ribu rupiah.

Praktik pungli ini telah membuat masyarakat kesulitan dalam memperoleh pelayanan. Kepercayaan publik terhadap pemerintah dapat meningkat, tentang keadilan dan kepastian hukum juga dapat ditegakkan dan mencegah terjadinya pungli di lingkungannya. Melalui kerjasama dalam pengawasan tersebut, dapat mencegah terjadinya pungli.

Sementara itu Irwasda Kombes Pol Eko Kristianto, S.I.K,. M.Si selaku Ketua Pelaksana UPP Saber Pungli Provsu menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini. Dimana acara ini merupakan wahana untuk mediasi dan menyampaikan aturan dan ketentuan acuan dalam melaksanakan tugas, serta memiliki kesadaran yang tinggi dalam setiap pelayanan dapat berjalan baik.

Pada kesempatan tersebut Kombes Pol Eko Kristianto juga menghimbau agar kepala desa dan pendamping dana desa bekerja secara profesional, bermoral sesuai mekanisme yang tidak melanggar undang-undang dan modren.

“ Pungli timbul dari beberapa faktor mulai adanya penyalahgunaan wewenang jabatan, faktor mental/perilaku, faktor ekonomi penghasilan petugas tidak mencukupi bahkan lemahnya sistem pengawasan dari atasan,” tegasnya.

Oleh sebab itu dengan adanya sosialisasi Satgas Saber Pungli ini, semakin membuka pemahaman dan keterpaduan koordinasi dan kerjasama dari semua pihak baik dalam lingkungan pejabat pemerintahan kabupaten maupun desa.

Pencegahan pungli akan terus disosialisasikan melalui Satgas Saber Pungli supaya selalu berhati-hati dalam bekerja.

Dengan mengupayakan melakukan pencegahan lebih baik daripada melakukan penindakan. Komitmen pencegahan praktik pungli dimulai dari sikap kedisplinan tinggi, tegakan sikap kejujuran, bertanggung jawab dan tak lupa rasa syukur kepada Ilahi atas apa yang kita miliki.

Dalam kegiatan ini juga diisi pemaparan materi yang disampaikan oleh Wadir Binmas Polda Sumut Drs. Parluatan Siregar, SH tentang sosialisasi pencegahan tindak pidana korupsi dan pungli kepada seluruh kepala desa khususnya mengenai pelaksanaan kegiatan pembangunan yang bersumber dari anggaran dana desa.

( Red/ bon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel