PT GGP Kerja Sama Dengan Pemkab Lingga, Targetkan Akhir 2020 Ekspor Nenas dan Pisang - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

PT GGP Kerja Sama Dengan Pemkab Lingga, Targetkan Akhir 2020 Ekspor Nenas dan Pisang


SURABAYA, Infokepri.com  -
Bupati Lingga, Alias Wello memperhitungkan bahwa pada akhir tahun 2020 mendatang kabupaten Lingga menargetkan ekspor produk hortikultura, khususnya pisang dan nenas.

Bupati Lingga Alias Wello menyampaikan hal itu setelah memperhitungkannya dengan pihak manajemen PT. Great Giant Pineapple (GGP) dan pihak GGP telah melakukan kerjasama investasi di bidang hortikultura di bumi "Bunda Tanah Melayu".

"Insya Allah akhir tahun 2020, Lingga sudah bisa melepas ekspor perdana produk hortikultura, khususnya pisang dan nenas," kata Bupati Lingga, Alias Wello di Surabaya, Selasa (13/8/2019).

Pria yang akrab disapa Awe itu, berada di Surabaya usai mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Hortikultura Untuk Peningkatan Ekspor dan Ekonomi Daerah di Hotel Aston Madiun, Jawa Timur, Senin (12/8/2019).

Keyakinan Awe untuk melepas ekspor perdana pisang dan nenas dari Lingga pada akhir tahun 2020 itu, bukan sekedar bualan kosong. Tapi, sudah melalui perhitungan yang matang bersama tim GGP.

"Mulai tahun ini, kita persiapkan semua lahannya. Untuk lahan yang statusnya masih kawasan hutan produksi yang dapat dikonversi (HPK), segera kita ajukan pelepasannya ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan," katanya.

Sebelumnya, Government Relation Director PT. GGP, Welly Soegiono mengatakan, perusahaannya sudah memiliki pengalaman selama 35 tahun melakukan ekspor produk hortikultura ke berbagai negara.

"Tahun 2018 lalu, GGP sukses ekspor buah pisang dan nenas sekitar 18 ribu kontainer dari kebun seluas 32.000 hektar di Kabupaten Tanggamus, Lampung," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Welly memaparkan betapa besarnya jumlah kebutuhan pasar dunia terhadap buah pisang dan nenas, khususnya di negara Eropa, Amerika, China, Jepang, Korea dan Singapura.

Beliau menyebutkan berdasarkan data tahun 2018 lalu, kebutuhan pasar dunia terhadap buah pisang mencapai angka 15.259.800 ton. Sedangkan nenas dibutuhkan sekitar 3.007.530 ton.
(MC/Syaf)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel