Wabup Bintan Membuka Perkemahan Besar Kwarcan Bintan Tahun 2019 - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Wabup Bintan Membuka Perkemahan Besar Kwarcan Bintan Tahun 2019



BINTAN, Infokepri.com - Wakil Bupati Bintan Drs. Dalmasri Syam, MM selaku Ketua Kwarcab Bintan membuka secara resmi perkemahan besar kwarcab Bintan tahun 2019, Kamis (29/08/19) pagi yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Tembeling Tanjung, kecamatan Teluk Bintan selama empat hari dan berakhir pada tanggal 31 Agustus 2019.

Salah satu kegiatan ratusan pelajar SMP dan SMA di Bintan yang tergabung dalam anggota Kwartir Cabang Bintan mengikuti pelatihan Jurnalistik di Aula Bumi Perkemahan Tembeling Tanjung, Bintan.

Pelatihan Jurnalistik itu menghadirkan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Tanjungpinang-Bintan, Zaskmi.

 


Dalam memberikan materi jurnalistik itu Zakmi hany diberi waktu sekitar 2 jam, namun setiap peserta langsung bisa mempraktekkan wawancara untuk memenuhi kebutuhan data 5W plus 1H seperti yang dipersyaratkan untuk menjadi laik berita.

Setelah menyampaikan materi sekitar 30 menit, setap anggota pramuka langsung diminta mewawancarai rekannya sendiri tentang keberadaannya mengikuti Perkemahan Besar Kwarcab Bintan 2019 di Tembeling Tanjung, Bintan.

Setelah kebutuhan data 5W plus 1H terpenuhi, anggota pramuka langsung diminta membuat berita pendek minimal tiga paragraf dengan tulis tangan di kertas. Meski hanya diberi waktu yang sangat singkat, namun masing-masing antusias minta tulisannya dikoreksi bersama untuk mengetahui apa saja yang mesti diperbaiki.

“Secara umum, kemampuan menulis adik-adik sudah cukup baik. Mesti waktu yang saya berikan sangat singkat namun adik-adik mampu menyelesaikannya menjadi sebuah berita pendek. Saya berharap agar terus berlatih menulis tentang kegiatan di sekolah masing-masing atau mewawancarai rekan-rekan adik yang berprestasi, lalu tulisannya ditempel di mading sekolah. Mading juga merupakan media untuk mempublikasikan tulisan,” sebut Zakmi yang juga Pemred Harian Tanjungpinang Pos ini.

Di penghujung materinya, Zakmi berpesan agar setiap siswa bisa bijak berliterasi di media sosial dengan menampilkan tulisan-tulisan yang bermanfaat serta tidak terjebak dalam penyebaran hoaks.







 (tanjungpinangpos.id/ais)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel