Desa Silo Laut Menjadi Salah Satu Desa Maritim Binaan Bakamla RI - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Desa Silo Laut Menjadi Salah Satu Desa Maritim Binaan Bakamla RI


ASAHAN, Infokepri.com - Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia berkerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan dan PT XL Axiata menetapkan Desa Silo Laut, Kecamatan Silo Laut menjadi Desa Maritim serta menjadi desa kelompok Potensi Maritim (Poskimar).

Penetapan desa Maritim yang dilaksanakan pada hari Rabu (18/9/2019)  dihadiri oleh  Plt Deputi Informasi Hukum dan kerjasama Bakamla RI Laksamana Muda Bakamla Dade Ruskandar dan Plt Bupati Asahan H Surya Bsc  serta perwakilan Manajemen XL Axiata Andy Satrio Yudho dan sejumlah unsur Forkopimcam serta para nelayan.

Dikesempatan itu Deputi Hukum dan Kerjasama Bakamla RI Dade Ruskandar mengatakan, pembentukan Poskimar salah satu langkah dalam menyelaraskan sumber daya kelautan yang dimiliki oleh Kabupaten Asahan sesuai ketentuan Undang-undang.

Selanjutnya Dade Ruskandar mengharapkan nantinya Poskimar dapat menjaga kegiatan ilegal Fishing yang beroperasi di laut Asahan dan menjadi pemantauan keamanan laut dari penyeludupan barang terlarang ataupun ancaman teroris, karena laut Asahan berbatasan dengan negara Malaysia, "katanya.

Hal serupa juga disampaikan Plt Bupati Asahan Surya mengatakan pembentukan Poskimar merupakan langkah yang sangat baik bagi Kabupaten Asahan, apalagi laut Asahan berbatasan langsung dengan negara Malaysia, sehingga keberadaan Poskimar dapat langsung memantau peredaran narkoba diperairan Asahan.

Masih kata Surya, Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan juga telah menetapkan Desa Silo Laut menjadi Desa Maritim melalui keputusan Bupati Asahan Nomor 269-DISKAN-Tahun2018 tanggal 16 September 2019.

"Pembentukan desa Maritim bersama Balamla RI menjadi salah satu peningkatan keamanan dan keselamatan laut dari para pelaku ilegal Fishing dan kejahatan lainnya yang sering terjadi diperairan laut Asahan. Untuk itu, dari 5 desa. Desa Silo Laut, Kabupaten Asahan menjadi salah satu desa Maritim binaan Bakamla RI atau Indonesia Coast Guard (IDNCG) "katanya.

Dalam pembentukan desa Maritim atau kelompok Potensi Maritim (Poskimar) merupakan program nyara dalam aplikasi laut Nusantara atau Sister Net dalam meningkatkan efisiensi nelayan dalam menangkap ikan beserta pendukung lainnya berupa 6 buah telopon seluler kepada nelayan dengan fasilitas Wifi Router berikut paket data gratis selama satu tahun. 

(GUS)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel