HUT IBI Ke 68, Sekdakab Asahan : Bidan Mitra Pemerintah - Info Kepri

about

about

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

HUT IBI Ke 68, Sekdakab Asahan : Bidan Mitra Pemerintah

Share it:

ASAHAN, Infokepri.com - Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar mengatakan melalui hari ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 68, diharapkan Bidan dapat meningkatkan kompetensi untuk menghadapi persaingan tuntutan pekerjaan yang membutuhkan keahlian.

"Kemampuan khusus profesi Bidan dengan memiliki standar profesi, asosiasi profesi, kode etik serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk profesi Bidan diharapkan, "kata Taufik Zainal Abidin saat menghadiri HUT IBI di Gedung Olahraga (GOR) yang dihadiri ketua DPRD Asahan Baharudin Harahap dan ketua IBI Kabupaten Asahan Elida Hanum Harahap, Sabtu (28/9/2019).

Ia juga mengatakan, untuk mewujudkan profesionalisme Bidan Indonesia melalui pembinaan dan pengawasan mutu pelayanan, sehingga Bidan yang bernaung dibawah payung IBI memiliki daya saing yang cukup tinggi dalam menghadapi tantangan.

Disamping itu, Kata Taufik Zainal Abidin Siregar, peran Bidan sebagai mitra kerja pemerintah daerah Kabupaten Asahan dalam pembangunan bidang kesehatan memegang peran yang sangat penting dan strategis dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

Sementara itu, ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Asahan Elida Hanum Harahap mengatakan, Bidan diakui sebagai tenaga kesehatan profesional yang bertanggung jawab dan menjalin kemitraan dengan perempuan dalam memberikan pelayanan kesehatan reproduksi perempuan, bayi, balita dan keluarga berencana.

Selain itu kata Elida Hanum Harahap, Bidan memiliki peran penting dalam mengawal kesehatan maternal neonatal melalui gerakan masyarakat sehat (Germas) dan pelayanan berkualitas.

Ia juga menyampaikan, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) didirikan tanggal 24 Juni 1951 di Jakarta. Untuk itu, IBI perlu melakukan konsolidasi kedalam dan Advokasi kesemua stakeholder untuk penguatan profesi dan menyiapkan anggota dalam menghadapi tantangan.

"IBI Kabupaten Asahan sangat mendukung visi misi Pemerintah Kabupaten Asahan agar terwujud Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri, "katanya.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Asahan Baharuddin Harahap mengatakan Bidan merupakan salah satu ujung tombak Pemerintah dalam menuntaskan visi dan misi Asahan yang sehat.

Selanjutnya kata Baharuddin Harahap, Bidan sangat berjasa dalam membantu menyelamatkan ibu dalam persalinan, karena keselamatan ibu dan bayi ada ditangannya.

Peringatan HUT IBI juga dirangkai dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan bingkisan secara simbolis kepada 40 Bidan dan penyerahan santunan kepada 50 anak yatim oleh Sekdakab Asahan. (GUS)
Share it:

Asahan

Sumut

Post A Comment:

0 comments: