Pemkab Sergai Gelar Rakor dan Pembentukan TPAKD - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Pemkab Sergai Gelar Rakor dan Pembentukan TPAKD


SERGAI, Infokepri.com – Bupati Sergai Ir Soekirman menghadiri Rapat Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan sekaligus Pembentukan/Pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan daerah (TPAKD) Kabupaen Sergai yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang Komplek kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (7/10/2019).

Dalam sambutannya Bupati Sergai Ir H Soekirman menyampaikan rapat ini digelar dalam rangka menggali potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan dengan mendorong ketersediaan akses keuangan dan optimalisasi potensi sumber dana di daerah, serta sesuai dengan Radiogram Mendagri Nomor : t-900/634/Keuda tanggal 19 Februari 2016 yang mengamanatkan agar Bupati/Walikota membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di daerah masing-masing. 

Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), pada hari ini telah mengukuhkan TPAKD sesuai dengan SK Bupati Sergai No. 895/18.4/2019, sehingga dengan adanya TPAKD diharapkan bisa menjadi forum koordinasi untuk meningkatkan akses keuangan di daerah yang bisa berperan dalam meningkatkan pemahaman dan penggunaan produk dan jasa keuangan oleh masyarakat.

"Diharapkan agar segera menyusun program kerja TPAKD sehingga dapat mengoptimalisasikan peran BUMDes melalui peningkatan status badan hukum berupa PT/Koperasi se-Sergai yang pada akhirnya dapat membuka akses keuangan bagi masyarakat sekitar melalui kegiatan usaha pada bidang keuangan," katanya.

Hingga saat ini jumlah BUMDes sampai Desember 2018 tercatat sebanyak 102 unit yang tersebar di 17 kecamatan.

“ Dengan terbentuknya TPAKD dapat mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Sergai melalui terbukanya akses keuangan yang produktif sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan masyarakat sejahtera di Sergai,"katanya.

Adapun susunan TPAKD Kabupaten Sergai yaitu:

1. Ketua Tim Pengarah Bupati Sergai, 
2.Wakil Tim Pengarah, Wakil Bupati Sergai, 
3.Anggota Tim Pengarah Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional 5 Sumatera Bagian Utara dan Kantor Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumut. 
4.Koordinator yang merupakan Sekdakab Sergai, 
5.Wakil satu Asisten Ekbangsos, 
6.Wakil dua Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan dan Sekretaris Kabag Perekonomian dan Pembangunan. 

Acara tersebut dihadiri juga oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional 5 Sumatera Bagian Utara Yusuf Anshari, Kantor wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumut Tiarta Sebayang, para Asisten, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD dan Camat, Pimpinan Bank se-Kabupaten Sergai.

(Bon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel