PPID DPR RI Terbang ke Batam, Pelajari Kiat Sukses PPID BP Batam - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

PPID DPR RI Terbang ke Batam, Pelajari Kiat Sukses PPID BP Batam


BATAM, Infokepri.com - PPID Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia melakukan kunjungan benchmarking ke PPID BP Batam, pada hari Kamis (10/10/2019). 

Tri Hastuti, Kepala Subbagian Pelayanan Informasi Publik DPR RI berkunjung bersama 5 anggota pranata humas dan analisis permohonan informasi di PPID DPR RI. 

Tri Hastuti mengatakan Benchmark ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dan sekaligus menimba kiat-kiat suskes PPID BP Batam dalam menerapkan keterbukaan informasi publik yang diselenggarakan oleh PPID BP Batam. 

Ia mengakui bahwa kunjungan ini dilakukan khusus di PPID BP Batam karena keberhasilan PPID BP Batam dalam memperoleh penghargaan Badan Publik “Informatif” pada Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik.    

“Kami datang dengan harapan besar membawa pulang kiat-kiat dari BP Batam agar kami dapat mengembangkan PPID kami yang kami akui mengalami penuruan pemeringkatan yang cukup siginfikan setelah 2010. PPID BP Batam luar biasa, memperoleh penghargaan informatif secara 2 tahun berturut-turut dalam penganugerahan keterbukaan informasi publik, untuk itu kami ingin belajar dengan BP Batam”, ungkap Tuti.


PPID (Pejabat Pengola Informasi dan Dokumentasi) sendiri bertanggung jawab melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik. 

Seperti diketahui bersama bahwa BP Batam berhasil menerima dan mempertahankan gelar peringkat kedua Penghargaaan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2018 kategori Lembaga Non Struktural kualifikasi informatif dari Komisi Informasi Publik (KIP) Republik Indonesia.

Adapun tiga besar penghargaan KIP kategori Lembaga Non Struktural (LNS) pada tahun 2018 yakni Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Badan Pengusahan (BP) Batam dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) RI. BP Batam mendapat gelar Badan Publik Informatif dalam Keterbukaan Informasi Publik.

Kunjungan ini diterima oleh Direktur Promosi dan Humas Dendi Gustinandar selaku atasan PPID,  Kasi Hubungan Media dan Antar Lembaga Muhardi selaku PPID Utama, Kasi Publikasi Sazani beserta tim PPID Utama BP Batam.

Dendi mengatakan bahwa keterbukaan informasi publik merupakan suatu pilar untuk mengoptimalkan pengawasan terhadap aktivitas Badan Publik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Capaian yang diperoleh PPID BP Batam merupakan bentuk dari komitmen yang tinggi, konsistensi dan fokus yang di bangun oleh para “punggawa” atau tim PPID BP Batam yang begitu konsen terhadap pelaksanaan keterbukaan informasi oleh BP Batam.

“Pimpinan silih berganti, tapi “punggawa"nya tetap konsisten, fokus dan memiliki komitmen yang sangat tinggi. Konsentrasinya tinggi sekali untuk masalah ini dan komitmennya kuat sehingga PPID BP Batam dapat meraih capaiannya selama ini.” Ungkap Dendi memberikan apresiasi terhadap sumber daya manusianya.

Selain itu Dendi juga menekankan pentingnya membangun _Capacity Development_ didalam semua PPID unit kerja dalam satu organisasi. _Capacity Development_ akan meningkatkan pemahaman dan keselarasan, rasa empati terhadap fungsi organisasi, keilmuan, efisiensi, efektivitas dan reponsivitas kinerja sumber daya manusia untuk penguatan organisasi melalui PPID BP Batam.

Namun demikian, Dendi menyadari pasti kekurangan tetap ada dan melalui benchmark ini ia harapkan  dapat menjadi ajang tukar pengalaman untuk pengembangan PPID di organisasi masing-masing.

“Kompleksitas yang ada di DPR RI tentu akan berbeda dengan BP Batam, kami juga harus belajar dari DPR RI bagaimana mengelola kompleksitas yang ada dan mengadopsi ketangguhan PPID DPR RI.” imbuhnya.

Usai diskusi, selanjutnya rombongan PPID DPR RI berkunjung ke Media Center BP Batam, Ruang Pelayanan PPID dan Ruang Pers BP Batam.


(Humas BP Batam)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel