Sempat Vakum Selama 1 Tahun, Radio Bunda Tanah Melayu Kembali Mengudara - Info Kepri

about

about

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

Sempat Vakum Selama 1 Tahun, Radio Bunda Tanah Melayu Kembali Mengudara

Share it:

LINGGA, Infokepri.com  –  Setelah sempat vakum selama lebih kurang 1 tahun lamanya, kini program unggulan Radio Bunda Tanah Melayu “Lingga Menyapa” kembali hadir di tengah-tengah penikmat siaran radio di Kabupaten Lingga.

Mengawali kebangkitannya salah satu program yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat tersebut, Bagian Kominfo dan Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga diberikan kehormatan untuk menyapa masyarakat lewat program yang disiarkan oleh radio kebanggaan masyarakat Kabupaten Lingga, RBTM fm pada Selasa (15/10/2019) pagi.

Dalam siaran langsung yang dapat diakses melalui frekuensi 88.0 fm tersebut, hadir sebagai narasumber yakni Kabag Kominfo Humas Zainal Abidin, serta Kasubag Informatika Ady Setiawan, yang membahas mengenai peranan Kominfo Humas dalam penyampaian informasi publik.

Mengutip dari buku Future Shock, dalam penyampaiannya Zainal Abidin memaparkan bahwa di dalam buku ini diprediksikan kedepannya akan terjadi Revolusi Informasi dimana kekuatan Informasi sangat penting dan tidak bisa dibendung lagi, sehingga negara yang menguasai teknologi dan informasi akan bisa menguasai dunia.

Dalam bukunya,  Alvin Toffler menjelaskan bahwa ada tiga tahapan Revolusi Informasi, yang pada fase ketiganya akan terjadi Gelombang Informasi secara besar-besaran. Untuk itulah, bagi negara-negara yang sudah mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan hal itu, seperti infrastruktur dan SDM, maka akan bisa maju dan tetap eksis.

“Buku ini sangat menginspirasi saya, untuk membawa Kominfo di kedepannya. Sehingga nantinya akan melahirkan program-program strategis di kedepannya”  jelas Zainal dalam siarannya di radio.

Adapun program dan tujuan yang dimaksud beliau adalah pembuatan berita (news making), pencerahan dan penerangan (enlightening), penyampaian nilai-nilai pendidikan (educating), pemberdayaan masyarakat (empowering), serta membangun semangat persatuan (nasionalisme).

Dalam siaran langsung yang disertai dengan dialog interaktif bersama pendengar melalui saluran telepon, ragam pertanyaan silih berganti masuk untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Kominfo Humas menyongsong 2020, bahkan hingga menyangkut daerah yang masih kesulitan mengakses siaran radio serta akses komunikasi telpon seluler.

Menanggapi hal tersebut, Zainal Abidin selaku Kabag Kominfo dan Humas menjelaskan bahwa salah satu program kedepan Kominfo Humas Kabupaten Lingga adalah mewujudkan smart city, namun demikian beliau mengupayakan paling tidak tercapainya target untuk menjalankan smart office di Kabupaten Lingga.

“Target kita nantinya seluruh OPD di Kabupaten Lingga bisa terhubung dalam satu jaringan, sehingga untuk mengakses data yang diinginkan, bisa diakses dalam waktu singkat melalui satu command center saja, dan semua informasi yang dibutuhkan bisa segera diperoleh tanpa harus mendatangi OPD yang dimaksud,” ungkapnya optimis.

Kemudian terkait kondisi sinyal komunikasi seluler yang kurang baik, pihaknya berkomitmen untuk terus berupaya melakukan peningkatan pelayanan, namun beliau juga meminta bantuan kepada masyarakat atau pihak desa yang saat ini di wilayahnya mengalami gangguan sinyal komunikasi agar bisa menyurati pihak Kominfo Humas, yang nantinya surat tersebut bisa menjadi dasar yang kuat bagi mereka untuk menyampaikan kepada pihak provider jasa komunikasi untuk segera melakukan perbaikan kualitasnya, apakah itu berhubungan dengan sinyal telpon, sinyal internet, maupun kebutuhan akan tower komunikasi.

Dan berkenaan dengan jangkauan radio dibeberapa daerah yang tidak maksimal, Zainal Abidin jua menjelaskan bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan perbaikan.

“Alhamdulillah, Bapak Bupati kita sangat mendukung dan menaruh perhatian terhadap radio kebanggaan kita ini untuk terus eksis dan menyampaikan informasi kepada masyarakat. Dan kita juga sudah mendapatkan kucuran dana segar untuk itu,” ungkapnya.

Kedepan, RBTM menargetkan akan meningkatkan jangkauannya dengan meningkatkan kekuatan pemancarnya yang saat ini hanya 700 watt, akan ditambah menjadi 2000 watt yang akan menjangkau wilayah yang lebih luas.

Selain membahas mengenai hal tersebut, beliau juga menginformasikan bahwa dalam waktu dekat Kominfo akar berdiri sediri menjadi dinas yang baru. Ia optimis, Kominfo akan lebih berkembang dan mampu memaksimalkan berbagai program pemerintah, terutama untuk mendukung pemerintah daerah mewujudkan Kabupaten Lingga yang terbilang.

Jelang berakhirnya acara, beliau pun berkesempatan menanggapi maraknya berbagai pemberitaan, isu-isu miring yang beredar serta berbagai permasalahan sensitif menyangkut SARA yang rentan memecah belah persatuan bangsa. 

“ Ya, harapan kita tidak muluk-muluk, kita mengharapkan agar masyarakat kita lebih cerdas menanggapi berbagai isu yang beredar. Baik itu yang beredar melalui internet, facebook, instagram, dan lain sebagainya untuk tidak langsung menelan bulat-bulat informasi itu, dan mencari tau kebenarannya terlebih dahulu,” pungkasnya.

(Red/Syaf)
Share it:

Infokepri

kepri

Lingga

Post A Comment:

0 comments: