Puluhan Jurnalis dan Pegawai Kominfo Mengikuti Pelatihan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Jurnalistik - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Puluhan Jurnalis dan Pegawai Kominfo Mengikuti Pelatihan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Jurnalistik

Fhoto : Istimewa

BATAM, Infokepri.com – Kantor Bahasa provinsi Kepri bekerja sama dengan Dinas Kominfo Kota Batam mengelar Pelatihan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Jurnalistik yang diikuti puluhan jurnalis dari berbagai media cetak dan elektronik, bagian kehumasan dan Kominfo yang dilaksanakan di Harmoni One Batam Centre,Rabu (13/11/2019).

Pelatihan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Jurnalistik ini dibuka oleh Kadis Kominfo Kota Batam, Salim didampingi Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepri, Zuryetti Muzar.
Pelatihan ini digelar selama 3 hari dari tanggal 13 November hingga 15 November 2019. 
 
Dalam sambutannya Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau, Zuryetti Muzar mengatakan pelatihan ini sudah yang keempat kalinya mereka gelar. Sebelumnya diadakan di kabupaten/kota lain di Kepri.
 
Ia menyebutkan tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan pemahaman tentang penggunaan bahasa Indonesia untuk diterapkan di medianya masing-masing.
 
Ia menjelaskan, bahasa adalah alat untuk menyampaikan informasi. Agar informasi bisa sampai ke masyarakat dengan baik, maka perlu disampaikan dengan bahasa yang baik dan benar. Sehingga bahasa yang digunakan sesuai dengan konteks dan penggunaannya.
 
Terkait penggunaan bahasa Indonesia, sudah diatur dalam Undang-undang nomor 24 tahun 2009. Serta diperkuat dengan Peraturan Presiden nomor 63 tahun 2019 tentang penggunaan bahasa Indonesia.
 
“Amanat aturan ini di antaranya adalah perlunya pemerintah daerah membuat peraturan daerah tentang pengutamaan penggunaan bahasa Indonesia. Saat ini belum ada pemda di Kepri yang membuat,” ujarnya.
 
Pelatihan ini menghadirkan pemateri antara lain Kepala Kantor Bahasa Kepri, penerjemah ahli Kantor Bahasa Kepri, penyuluh dari Balai Bahasa Sumatra Utara, serta wartawan Tempo.
 
“Kita menghadirkan jurnalis juga sebagai narasumber untuk berbagi pengalaman dan ilmu dengan bapak ibu semua di sini terkait penggunaan bahasa Indonesia dalam jurnalistik. Semoga bisa diterapkan dalam pekerjaan bapak ibu sehari-hari,” sebutnya.
 
Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Salim mengatakan media massa punya fungsi strategis. Hasil kerja tangan jurnalis ini bisa menjadi penentu bangkit atau hancurnya suatu bangsa.
 
“Seperti yang kita ketahui bersama, akibat pemberitaan atau informasi hoaks bisa menyebabkan bergoncangnya negara ini, mengganggu stabilitas negara. Tentu yang seperti ini harus mampu kita saring. Dan perlu secara arif menggunakan bahasa. Gunakan bahasa yang dapat membangkitkan persatuan bangsa,” pesan Salim.
 
(MCB)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel