Sebanyak 28 Wartawan Mengikuti Pelatihan Memahami Angka dan Data Statistik Yang Digelar BPS - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Sebanyak 28 Wartawan Mengikuti Pelatihan Memahami Angka dan Data Statistik Yang Digelar BPS


BATAM, Infokepri.com – Untuk meningkatkan kompetensi wartawan dalam memahami angka dan data statistik yang disiarkan Badan Pusat Statistik (BPS). BPS melatih wartawan Batam membaca data statistik yang digelar di Hotel Ibis Styles Batuampar, Senin (9/12/2019).
 
Pelatihan itu diikuti sebanyak 28 wartawan dalam pelatihan, wartawan juga diajarkan cara menghitung statistik sederhana.
 
Tujuan pelatihan ini agar wartawan setelah mengikuti pelatihan itu dapat menghasilkan banyak indikator dari angka dan data statistik yang diterbitkan oleh BPS.

“Banyak sekali indikator statistik yang penting. Batam berbeda dengan kota lain. Banyak indikator yang bisa dihasilkan. Contohnya inflasi, wisatawan, ekspor impor. Tak semua kota bisa. Jadi banyak hal yang bisa ditulis tentang statistik,” kata Kepala BPS Batam, Rahyudin.
 
Intinya, katanya,  setelah mengikuti pelatihan ini akan bertambah wawasan awak media dalam menulis.
 
Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Batam, Salim mengatakan perlu diinformasikan secara detail tentang data statistik ini. Meski wartawan diyakini sudah bisa menulis dengan baik, tapi mungkin belum semua bisa menggunakan data dengan baik.
 
Oleh sebab itu, Salim menilai kegiatan ini penting dan baik untuk dilaksanakan. Pentingnya data yang benar dan sumber data yang valid, maka kegiatan ini dianggap sebagai suatu hal yang strategis dan penting.
 
“Salah gunakan data bisa salah analisis. Maka tolong gunakan data BPS. Data BPS data yang sahih, diakui, dan dapat dipertanggungjawabkan. Karena itu juga BPS menganggap sangat penting mengumpulkan media supaya dapat menginformasikan dengan baik,” tuturnya. (MC)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel