Tingkatkan Minat Baca Siswa, MTs Bina Ummah Kunjungi Perpustakaan BP Batam - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Tingkatkan Minat Baca Siswa, MTs Bina Ummah Kunjungi Perpustakaan BP Batam


BATAM, Infokepri.com - Dalam rangka meningkatkan minat dan budaya membaca kepada para siswa, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Bina Ummah Kota Batam melakukan kunjungan ke Perpustakaan Khusus Badan Pengusahaan (BP) Batam pada Rabu (11/12/2019) pagi.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari siswa-siswi kelas 7 s.d. 9 serta beberapa guru pendamping MTs. Bina Ummah. Kunjungan ini disambut baik oleh pihak BP Batam yang dalam hal ini diwakili Pustakawan Perpustakaan BP Batam, Aan Andriana di Conference Room Gedung IT BP Batam, Batam Centre.

Aan mengungkapkan bahwa kunjungan ini bukanlah kunjungan pertama yang dilakukan peserta didik ke Perpustakaan BP Batam. Sebelumnya Perpustakaan BP Batam juga telah menerima kunjungan peserta didik mulai dari TK hingga Sekolah Menengah Atas.

Kepala Sekolah MTs. Bina Ummah, Ida Alia, mengaku kunjungan ini adalah kunjungan pertama siswa-siswi Bina Ummah ke Perpustakaan BP Batam sebagai pemanfaatan kegiatan class meeting yang biasanya dilakukan di lingkungan sekolah. Menurut Ida, kunjungan ini bertujuan agar para siswa dapat melihat secara langsung bagaimana bentuk fisik Perpustakaan yang diresmikan pada 22 Desember 2009 silam. Ida juga berharap untuk diadakannya program kunjungan rutin antara Perpustakaan BP Batam dan sekolah.

“Dengan adanya jadwal rutinitas ini diharapkan anak-anak juga dapat mengurangi penggunaan gawai. Sehingga, anak-anak dapat mengambil ilmu yang ada di Perpustakaan BP Batam,” kata Ida Alia.


Perpustakaan BP Batam saat ini terletak di gedung B Pusat Teknologi Informasi BP Batam, tepatnya di Lantai 1 dan 2 dengan luas 900 meter per segi. Saat ini Perpustakaan BP Batam memiliki koleksi sejumlah ±13.257 eksemplar. Koleksi ini terdiri dari beberapa klasifikasi, yaitu karya umum, filsafat dan psikologi, agama, sosial, bahasa, sains dan matematika, teknologi, seni dan rekreasi, literatur dan sastra, geografi dan sejarah. 

Jenis koleksi yang dimiliki berbentuk tercetak dan noncetak di antaranya Buku, Majalah, Novel, Buletin, Koran, Peta, CD, DVD dan materi Audiovisual.

Leo Renaldo, salah satu siswa MTs Bina Ummah juga mengaku senang melakukan kunjungan ke perpustakaan yang dibentuk melalui kerja sama BP Batam dengan Perpustakaan Nasional republik Indonesia (PNRI) ini.

“Perpustakaannya nyaman, ada tempat duduknya, bisa nyari pakai komputer biar bisa mengetahui letak bukunya,” ujar siswa kelas 9 ini.

Leo berharap ke depannya agar gedung perpustakaan diperluas dan memiliki fasilitas yang jauh lebih baik lagi. Hal yang sama juga dituturkan oleh Aan Andriana, ia juga berharap agar Perpustakaan BP Batam memiliki gedung sendiri sehingga dapat menambah kenyamanan bagi orang yang berkunjung ke Perpustakaan BP Batam.

(Humas BP Batam/ap)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel