Bupati dan Wabup Sergai Menyerahkan Dana PAD Kegiatan BUMDes dan Dana RTM - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Bupati dan Wabup Sergai Menyerahkan Dana PAD Kegiatan BUMDes dan Dana RTM


SERGAI, Infokepri.com - Bupati Sergai Ir H Soekirman didampingi Wabup Sergai H Darma Wijaya menyerahkan dana PAD kegiatan BUMDes dan dana Rumah Tangga Miskin (RTM). Selain itu juga dilakukan kegiatan Eks-PNPM-MP Kecamatan se-Sergai yang dilaksanakan di Wisma Prakasa Pabatu, Desa Kedai Damar Kecamatan Tebing Tinggi, Rabu, (29/1/2020).

Dalam sambutannya Bupati Sergai Ir H Soekirman menyampaikan    lahirnya Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa, menempatkan desa pada posisi penting dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sekaligus menjadi wujud pengakuan dan penghormatan atas desa yang sudah ada dengan segala keberagamannya.

Pemerintah Desa mengelola dana yang tidak sedikit. Adapun sumber pendapatan desa diantaranya berasal dari  ADD, DD, bagi hasil pajak dan retribusi daerah serta sumber sah lainnya.

Kabupaten Sergai mayoritas wilayahnya terdiri dari kawasan pedesaan. Peranan desa sebagai benteng terakhir menghadapi kompetisi masyarakat ekonomi Asean melalui program PMD dengan fokus utama adalah fasilitasi pengembangan BUMDes Bersama.

Sedangkan penyertaan modal dana maupun penyertaan aset yang telah digelontorkan Pemerintahan Desa di Kabupaten Sergai untuk pengembangan BUMDes bersama mencapai Rp. 6.500.016.999 dengan 10 BUMDes dan PAD dari BUMDes Bersama sebesar Rp. 394.581.653 sampai akhir tahun 2019.

Terkait dengan program PNPM Mandiri Pedesaan telah resmi berakhir sejak 31 Desember 2014 lalu. Akan tetapi program pengentasan kemiskinan masyarakat di perdesaan dilakukan melalui pelestarian dan pengembangan kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Eks-PNPM dengan total dana perguliran pada akhir tahun 2019 mencapai Rp. 18.500.115.435. alokasi surplus dana perguliran untuk kegiatan sosial sebesar Rp. 111.867.811 yang disalurkan pada 1.021 RTM dan siswa berprestasi.

“ Pertemuan hari ini merupakan pertemuan profesional dan pertemuan yang menambah motivasi serta menginspirasi bagi seluruh yang hadir. Pemkab Sergai mengapresiasi BKAD dan BUMDes Bersama yang telah berhasil menumbuhkembangkan modal eks PNPM di Tanah Bertuah Negeri Beradat yang saat ini telah tumbuh dan berkembang dengan baik,” katanya.

Sementara itu Wabup Sergai H Darma Wijaya dalam sambutannya mengatakan sebuah desa yang sudah memiliki modal jika dimanfaatkan dengan baik serta didukung dengan SDM yang memadai, sudah dapat dipastikan desa tersebut akan mengalami kemajuan diberbagai bidang yang sangat pesat.

“ Dengan adanya perubahan zaman kita juga harus pandai melihat potensi usaha yang prospeknya baik untuk saat ini dan dimasa yang akan datang. Manfaatkan seluruh potensi yang kita miliki, dan janganlah menjadi pengusaha yang hanya ikut-ikutan saja, karena itu tidak menjamin keberhasilan dari usaha tersebut,” katanya.



Ia berharap kepada para Kades serta undangan lainnya  dapat mengembangkan BUMDes yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan PAD Kabupaten Sergai.

Sedangkan itu Ketua Panitia Lukman Nur Hakim melaporkan kegiatan penyerahan dana RTM dan Dana PADes dengan pola secara bersama se-Sergai merupakan hal yang pertama kali dilakukan, sebelumnya penyerahan PADes dan RTM hanya dilakukan di masing-masing kecamatan.

Kegiatan ini bertujuan agar Pemkab Sergai dapat secara rutin melakukan pemantauan perkembangan dari kondisi keuangan pemerintah yang telah disalurkan kepada masyarakat baik melalui BKAD (dana eks PNPM) maupun Direktur BUMDes Bersama untuk selanjutnya dapat melakukan koreksi dan langkah-langkah yang diperlukan serta menjadikan motivasi bagi Kades sehingga dapat berpartisipasi dalam rangka menyertakan modalnya melalui dana desa yang dapat dinikmati oleh masyarakatnya sendiri dalam rangka meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat.

Dalam sambutannya penerima dana manfaat Bonas Nasution mengucapkan terimakasih dengan adanya BUMDes bersama di Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah. Dana ini sangat membantu dalam melaksanakan usaha es tebu yang selama ini digeluti sampai sekarang sehingga dari pendapatan atas usahanya tersebut dapat mensejahterakan keluarganya.

Tampak hadir dalam acara tersebut Kadis Kominfo Drs H. Akmal, AP, M.Si, Kadis PMD H Ikhsan AP, M.Si beserta jajaran, Ketua Asosiasi BKAD Sergai Lukman Nur Hakim beserta jajaran,    Perwakilan dari Perbankan di Sergai, Manager PTPN IV Pabatu, Camat dan Kades se-Sergai serta undangan lainnya. (zal/bon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel