Setiap Tahun Dana PIK di Kelurahan Patam Lestari Terus Meningkat. - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Setiap Tahun Dana PIK di Kelurahan Patam Lestari Terus Meningkat.


BATAM, Infokepri.com - Dalam 4 tahun ini dimasa kepemimpinan Rudi - Amsakar Achmad, dana Percepatan Infrastruktur Kelurahan (PIK) di kelurahan Patam Lestari terus meningkat.

" Selama empat tahun kami menjabat dana Percepatan Infrastruktur Kelurahan (PIK) di kelurahan Patam Lestari ada 71 Paket dengan nilai Rp 9.05 miliar," kata Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad saat menghadiri kegiatan Musrenbang di Kelurahan Patam Lestari, Selasa.

Musrenbang ini yang ke 54 kali dari 64 Kelurahan yang ada di Kota Batam dan dihadiri oleh anggota Komisi II DPRD Batam, Kepala BPS Kota Batam, OPD Pemko Batam, Camat Sekupang, Lurah Patam Lestari, RT, RW dan warga Kelurahan Patam Lestari, Sekupang, Batam.

Amsakar Achmad menyebutkan kebijakan PIK serapan untuk Patam Lestari tahun 2017 ada 14 paket yang dikerjakan melalui dana PIK senilai Rp 1,5 miliar,- di tahun 2018 17 paket nilai Rp 1,99 miliar, tahun 2019 ada 12 paket yang tadinya nilai Rp 1,99 naik menjadi Rp 2.66 miliar, lalu 2020 ini ada 28 paket total dananya Rp 2.9 Miliar.

Lebih lanjutnya beliau menyebutkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Batam Rp 3 Triliun, untuk Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, Belanja Tidak Lansung (BTL) sisanya. jangan bandingkan APBD Batam dengan Bandung nilai Rp 7 Triliun, Surabaya Rp 8 Triliun, Medan Rp 6 triliun. Sedangkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Batam dari pajak dan retribusi sekitar Rp 1,3 miliar - Rp 1,4 miliar,- 

"APBD Rp 2,8 Triliun dan PAD kita Rp 1,3 - Rp 1,4 Triliun, jika dibandingkan dengan kabupaten lain seperti di Lingga APBD Rp 800 miliar dan PAD nya Rp 30 miliar,-  dan lebih kurang sama dengan Anambas. Menyangkut kebijakan publik harus diambil, sambil berhati - hati, berjalan seharusnya. Karena gampang tergelincir, dan terjebak," katanya.

"Visi kita bandar dunia madani, harus ada kerjasama dengan masyarakat dan dibutuhkan sinergiritas. Pertumbuhan ekonomi dari 1,2% naik menjadi  3,19% kemudian naik lagi menjadi 4.72% ditahun 2019 lalu dan diakhir bulan Februari ini menurut perkiraan tembus diangka 5,5 % ekonomi Batam, dan menurut BPS angka kemiskinan dari  5,11% turun menjadi 4,8%," tambah.

Di tempat yang sama, Anggota Komisi II DPRD Kota Batam, Leo Anggara Putra mengatakan anggaran PIK yang meningkat setiap tahunnya dalam percepatan infrastruktur dapat berkembang dengan pesat.

"Program - program yang telah di susun, dalam fungsi pengawasan kita berharap berkeadilan bagi warga Patam Lestari. Dan yang menjadi prioritas itu adalah yang betul - betul dan memang penting/urgent yang diutamakan," pungkasnya

Selanjutnya, pada Musrembang perwakilan dari masing - masing RT menyampaikan bahwa terkait Batu miring yang masuk program Non PIK nomor 1. dari tahun 2016 masuk prioritas terus, namun keadaannya masih seperti semula, bahkan lebih parah. Dimana menurutnya kondisi batu miring yang berlokasi dilapangan tersebut, ketika hujan satu minggu saja  bisa ambruk.

" Kondisi itu sudah diketahui juga oleh Kepala Dinas terkait,  dan belum juga ada realisasinya. Ini menjadi kekhawatiran kami, yang seharusnya tidak memikirkan anak takut jatuh, dimana sekarang terdapat hampir 800 peserta didik. Dan mudah - mudahan 2021 di bangun," terangnya yang juga seorang guru SD 03.

Terkait lahan tanah, di wilayah Tiban Kampung hutan - hutan lindung dan, hutan bakau di pinggir pantai sekitaran Tiban hingga Patam Lestari.

" Hutan habis, bukit di potong, dan rumah liar dibiarkan tanpa ada penertiban dan berjalan terus, serta hutan bakau saya lihat sudah mulai banyak yang rusak, berimbas pada mata pencarian warga yang semakin sulit dan susah," ungkap Said, Aktifitas Penggiat Lingkungan.

Sementara itu, Camat Sekupang, Muhammad Arman, SSTP menyampaikan10 program non PIK yang akan dibawa ke tingkat kecamatan ditahun 2020 ini, secara keseluruhan sama dengan kelurahan yang lain.

"10 program prioritas Non PIK (Meliputi: Penerangan jalan, Gorong - gorong, Drainase, Pembangunan Gedung serbaguna) usulan warga kelurahan patam lestari, akan kita bawa ke tingkat Kecamatan pada tanggal 25 Februari depan," ujarnya.

( AP/Pay)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel