Bupati Natuna Serahkan Sembako ke Warga di Tiga Kecamatan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Bupati Natuna Serahkan Sembako ke Warga di Tiga Kecamatan

Bupati Natuna Bagi Sembako ke Warga
NATUNA, infokepri.com - Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal melaksanakan kunjungan kerja ke Kecamatan Serasan, Serasan Timur dan Subi, dengan didampingi beberapa Pimpinan OPD terkait, dan Ketua Penggerak PKK Natuna. Jum'at, (01/05/2020)

Bertempat di Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Kecamatan Serasan (BPMKS), Bupati Natuna beserta rombongan menggelar pertemuan dengan masyarakat Kecamatan Serasan dan Serasan Timur.

Dalam agenda silaturrahmi, serta peninjauan kondisi terkini terkait dampak pandemic Corona Virus (Covid-19), sekaligus menyerahkan bantuan Sembako kepada masyarakat (29/4).

Dalam sambutannya, Hamid Rizal menerangkan bahwa saat ini Pemerintah Daerah telah memutuskan untuk menghentikan sementara pelayaran Kapal Angkut Penumpang, dengan maksud untuk terus melakukan pemantauan dan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Natuna.

Namun, Hamid Rizal mengakui bahwa masyarakat akan menjadi pihak yang paling terdampak akibat kebijakan Sosial Distancing dan himbauan tetap dirumah dalam kondisi saat ini.

Begitu banyak informasi tersebar di Media Komunikasi Informasi terkini yang menerangkan bahwa terdapat dampak negative dari kebijakan Lockdown tersebut, diantaranya perekonomian masyarakat yang mengalami penurunan, sehingga kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Dalam kesempatan ini, Pemerintah Daerah telah memprogramkan Bantuan Ketahanan Pangan berupa Sembako untuk selanjutnya disalurkan kepada keluarga yang membutuhkan dan paling terdampak atas berbagai kebijakan pemerintah yang telah ditetapkan terkait penanganan Covid-19," terangnya.

Selain itu, lanjutnya dalam waktu dekat akan dikucurkan pula Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI sebesar 600 ribu rupiah setiap bulan selama 3 bulan bagi satu keluarga yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dimana saat ini yang sudah masuk dalam data tersebut di Kabupaten Natuna sebanyak 2.315 keluarga.

Saat ini dana tersebut sudah tersedia dan tinggal disalurkan oleh pihak terkait dalam hal ini PT. Pos, Bank BNI dan BRI yang sudah ditunjuk oleh Pemerintah pusat. Selanjutnya selama proses penyaluran anggaran tersebut diharapkan kepada seluruh perangkat untuk dapat bekerja secara professional, mengingat dana ini merupakan hak masyarakat banyak.

"Kepada masyarakat juga diharapkan agar dapat terus memonitor proses penyaluran tersebut dan tidak segan-segan untuk melaporkan jika terjadi penyelewengan maupun penyalahgunaan ataupun jika penerima bantuan tersebut dirasa tidak tepat sasaran," tutupnya.

Pada kesempatan yang sama Camat Serasan, Wendriady menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Natuna yang terus menunjukkan kepedulian kepada masyarakat ditengah-tengah pandemi Covid -19 ini.

Hal ini tentunya sangat berarti bagi masyarakat mengingat saat ini sebagian besar masyarakat sedang menjalankan ibadah puasa dimana kebutuhan terhadap bahan pangan dirasa juga sedikit meningkat.

"Semoga dengan bantuan ini, masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1441 Hijriyah dengan lebih tenang," terangnya.

Wendriady juga menambahkan, dengan adanya karantina Kecamatan terhadap masyarakat yang baru datang dari luar daerah, sangat dirasa manfaatnya, terutama dalam memberikan rasa aman, serta memudahkan proses pemantauan.

Namun, demikian kewaspadaan juga tidak boleh menurun, mengingat tidak jarang penyebarannya tanpa gejala, sehingga sulit untuk terdeteksi. (MC/AP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel