Chef Harris Resort Barelang, Berbagi Menu Andalan - Info Kepri

about

about

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

Chef Harris Resort Barelang, Berbagi Menu Andalan

Chef Harris Resort Barelang Batam berbagi rahasia dapur masakan khas laut, yaitu memasak cumi masak hitam.
Share it:
Chef dan Masakan Cumi Masak Hitam
BATAM, infokepri.com - Chef Harris Resort Barelang Batam berbagi rahasia dapur masakan khas laut, yaitu memasak cumi masak hitam. Senin, (04/05/2020)

Executive Chef Yovi Nofrizal menyampaikan masakan ini dapat dicoba oleh siapa saja terutama ibu-ibu yang senang memasak dengan menu berbahan dasar cumi.

Cumi masak hitam merupakan menu lokal dan salah satu andalan dari Harris Resort Barelang bagi tamu-tamu yang menginap ketika ingin memesan makanan ini.

"Momen ramadhan ini sangat ditunggu-tunggu oleh para ibu-ibu dirumah yang mencoba variasi masakan dengan menu ini, dengan harapan dengan adanya menu dari HARRIS Resort Barelang Batam semoga dapat memberikan berkah dan pilihan makanan untuk dirumah," ujarnya di Harris Resort Barelang, Sagulung - Batam.

Cumi Masak Hitam Harris Resort Barelang
 Berikut tata cara memesak cumi masak hitam ala Chef Yovi Harris Resort Barelang:

Bahan bahan yang harus disiapkan.
Cumi segar 250 gr, Bawang merah 3 pcs, Bawang putih 2 pcs, Jeruk nipis 1 pcs, Cabai merah 2 pcs, Lengkuas 2 cm, Serai 1 batang, Daun jeruk purut 3 lembar, Daun salam 2 lembar, Air secukupnya, Garam ½ sdt dan Merica hitam ¼ sdt.

Selanjutnya, bersihkan cumi-cumi dengan cara menarik kepalanya dengan hati-hati, karena tinta akan ikut tertarik bersama kepalanya maka jangan sampai kantung tinta pecah, sisihkan tinta yang keluar dari kantung cumi tersebut.

Lanjutkan bersihkan isi perut cumi dimemakai air agar memudahkan mengeluarkan kotorannya, tarik dan buang yang berbentuk seperti plastic dari perutnya, bila s lalu potong-potong. Setelah cumi selesai dibersihkan, lumuri cumi dengan perasan jeruk nipis dan sisihkan.

Potong bawang merah, bawang putih, cabe, lengkuas. Panaskan sedikit minyak, masukan bumbu yang sudah di potong kemudian masukkan lengkuas, serai, daun jeruk purut, dan daun salam tumis hingga layu.

Masukan tinta hitam dari cumi yang sudah di tambah sedikit air. Setelah bumbu ter cium wangi, kemudian masukkan cumi-cumi, aduk rata. Tambahkan gula, garam dan penyedap sesuai selera.

Masak hingga cumi matang dan air telah menyusut sambil sesekali diaduk, dan terahir koreksi rasa. Cumi masak hitam siap di hidangkan dengan semangkuk nasi hangat (catatan: cumi jangan di masak terlalu lama, karena semakin lama akan semakin keras). (AP)
Share it:

Batam

Post A Comment: