Dua Orang Warga Batam Positif Covid-19, Hasil Tracing Closes Contact Kasus Nomor 35 - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Dua Orang Warga Batam Positif Covid-19, Hasil Tracing Closes Contact Kasus Nomor 35


BATAM, Infokepri.com – Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, HM Rudi SE mengatakan kasus baru pada Selasa (12/5/2020) hingga pukul 13.00 WIB tentang dua orang warga Batam terkonfirmasi Positif Covid-19, nomor 43, 44 dari hasil Tracing Closes Contact kasus nomor 35.

Ia menyebutkan sesuai data hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam, berdasarkan hasil screning dan tracing closes contact dari terkonfirmasi positif Nomor. 35 yang telah meninggal dunia dan kasus baru yang masih dalam proses tracing dan penyelidikan epidemiologi. 

Terkonfirmasi Covid-19 pada kasus ini merupakan warga Batam Kecamatan Bengkong  yang salah satunya  merupakan tetangga dari kasus terkonfirmasi nomor 35 maupun keluarganya.
Adapun rincian dari kasus ini adalah 1 (satu) orang laki –laki berinisial SR dan 1 (satu) Orang perempuan berinisial AM.

Adapaun riwayat perjalanan penyakit dari kedua pasien terkonfirmasi tersebut adalah sebagai berikut :
Pasien pertama berinisial SR (57) berjenis kelamin laki-laki, karyawan perusahaan swasta di Batu Ampar, yang  beralamat di kawasan perumahan Bengkong Kelurahan Bengkong Indah Kecamatan Bengkong Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 43 Kota Batam, sehubungan hasil pemeriksaan RDT anaknya selaku ASN pada Instansi Vertikal Provinsi Kepulauan Riau di Kawasan Batam Centre pada tanggal 23 April 2020 lalu dinyatakan “Reaktif” dan dilakukan isolasi di RSKI Covid-19 Galang. 

Yang bersangkutan berjumpa dengan anaknya tersebut pada saat menitipkan cucunya menjelang masuk karantina di RSKI Covid-19 Galang. Mengingat kondisi demikian pada tanggal 01 Mei 2020 dilakukan pemeriksaan RDT kepada yang bersangkutan  di Puskesmas Sei Panas dengan hasil dinyatakan “Non Reaktif”. 

Seminggu kemudian setelah itu yang bersangkutan kembali melakukan pemeriksaan RDT yang hasilnya dinyatakan “Reaktif”. Menindaklanjuti hasil tersebut, pada tanggal 08 Mei 2020 di RS Awal Bros Batam, maka kepada yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya baru diterima pada hari ini dinyatakan Terkonfirmasi “Positif.  

Sedangkan terhadap anaknya telah selesai menjalani karantina di RSKI Covid-19 Galang sehubungan dengan hasil pemeriksaan swab yang dilakukannya  sebanyak dua kali dan dinyatakan Terkonfirmasi “negatif”, namun demikian tim medis tetap menjadwalkan kembali pemeriksaan swab berikutnya.

Pasien kedua berinisial AM (59) berjenis kelamin laki-laki, Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di kawasan perumahan Bengkong Kelurahan Sadai Kecamatan Bengkong Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 44 Kota Batam. Yang bersangkutan bersama seorang cucunya pada tanggal 07 Mei 2020 melakukan RDT di Masjid A-F dengan hasil “Reaktif” hal ini berkaitan dengan hasil RDT menantunya pada tanggal 06 Mei 2020 dengan hasil “Reaktif” yang memiliki kontak dengan Kasus nomor. 35 dan saat ini sedang dalam karantina di Rusun Tanjung Uncang.

Kemudian pada tanggal 08 Mei 2020 bertempat di RS Awal Bros Batam yang bersangkutan bersama cucu dan menantunya melakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya baru diterima pada hari ini dan dinyatakan Terkonfirmasi “Positif”. Sedangkan hasil pemeriksaan swab cucu dan menantunya terkonfirmasi “Negatif” 

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan  cukup stabil dan  tidak pernah merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, dan saat ini sedang dilakukan proses persiapan untuk melakukan perawatan isolasi guna penanganan kesehatan lebih lanjut di rumah sakit rujukan RSUD Embung Fatimah Kota Batam.

Sehubungan dengan kasus terbaru dan kasus sebelumnya yang semakin berkembang, maka saat ini tim surveilans dan Epidemiologi masih terus bergerak  melakukan proses contact tracing dan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap semua orang yang ditenggarai berkontak terhadap kasus – kasus terkonfirmasi tersebut diatas. 

Rudi yang juga Walikota Batam mengingatkan dan menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Batam untuk kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja dan jika terpaksa harus keluar rumah gunakan masker serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang  dan berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup.
 (Ril/Pay)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel